Keuntungan Turbocharger, Engine Cartepillar Air To Air Aftercooler (ATAAC)

Keuntungan Turbocharger, Engine Cartepillar Air To Air Aftercooler (ATAAC) - Pada umumnya pada kendaraan seperti mobil yang menggunakan mesin diesel dilengkapi seperti turbocharger yang berfungsi untuk performa serta effisiensi engine.

Air cleaner pada mesin diesel ini berfungsi untuk membersihkan udara yang mengalir ke turbocharger. Turbocharger yang terdapat putaran compressor berfungsi untuk mengisap udara yang masuk ke dalam cylinder serta menekan dan mengalirkan.

Keuntungan turbocharger, engine cartepillar Air To Air Aftercooler (ATAAC)

Berikut ini keuntungan Menggunakan turbocharger, antara lain : 

Tenaga Pada satuan volume udara bertekanan lebih banyak oksigen., selain itu dengan lebih banyak oksigen pada cylinder yang disemprotkan dari bahan bakar yang digunakan dan tentunya akan memiliki tenaga yang lebih.

Effisiensi Untuk menghasilkan effisiensi Pembakaran yang lebih tinggi diperlukan proses penekanan jumlah udara yang mencukupi, sehingga dapat menurunkan emisi serta konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Pada Cara kerja turbocharger untuk menekan udara atau menaikan tekanan udara pada intake mengakibatkan suhu udara naik, sehingga jumlah oksigen tidak maksimal. Aftercooler diperlukan apabila udara dengan tekanan tinggi dialirkan menuju engine, dengan demikian effisiensi yang telah dihasilkan oleh udara bertekanan akan hilang, karena aftercooler berfungsi untuk menurunkan suhu udara sebelum mengalir ke cylinder.

Aftercooler yang terdapat pada turbocharger ini juga berfungsi untuk dapat menurunkan suhu udara yang akan masuk pada ruang bakar, yang menyebabkan tekanan udara meningkat, begitu juga untuk effisiensi serta tenaga oleh engine.

Berikut aftercooler To Air Aftercooler yang digunakan untuk engine Caterpillar:

Pada dasarnya dari berbagai jenis aftercooler memiliki fungsi sama, karena aftercooler akan berfungsi untuk menyerap panas, sehingga akan menghasilkan udara lebih dingin serta kerapatan udara meningkat.
Keuntungan turbocharger, engine cartepillar Air To Air Aftercooler (ATAAC)

Aftercooler jenis ini terpasang pada bagian depan radiator engine juga merupakan inti pendingin atau cooler core, karena aftercoller core sebagai lintasan dari udara dengan suhu luar yang dihembuskan oleh fan engine. Sedangkan untuk udara yang bertekanan pada turbocharger menjadi dingin oleh fungsi air to air aftercooler sebelum masuk ke intake manifold.

Aftercooler untuk kendaraan kecepatan tinggi

Metode tersebut sangat efektif pada udara yang bertekanan untuk didinginkan dalam jumlah besar dengan melalui aftercooler, sehingga sistem ini banyak digunakan untuk kendaraan pada kecepatan tinggi atau on-highway truck.

Semoga bermanfaat.

0 komentar