Sistem Pembakaran Pada Mesin Diesel (Siklus Kerja Mesin Diesel Dan Sistem Pemasukan Udara Engine )

Engine diesel banyak digunakan untuk kendaraan besar dengan kebutuhan tenaga yang besar pula. Mesin disel pada jenis kendaraan digunakan untuk penggerak alat berat serta juga memerlukan tenaga besar. Proses pembakaranya adalah dengan menggunakan suhu panas udara yang dikompresikan di dalam silinder.

Terdapat syarat- syarat agar terjadi proses pembakaran disediakan tiga unsur antara lain:
Sistem pembakaran pada mesin diesel (siklus kerja mesin diesel Dan sistem pemasukan udara engine)
Pembakaran solar pada mesin diesel terjadi karena adanya panas tinggi serta mampu untuk juga mampu untuk membakar solar didalam mesin kendaraan. Pada mesin disel pembakaran pada bagian bahan karena akibat kompresi udara dalam ruang tertutup atau disebut dengan silinder mesin.
Sistem pembakaran pada mesin diesel (siklus kerja mesin diesel Dan sistem pemasukan udara engine)
Sedangkan jumlah yang masuk pada silinder mesin ditentukan oleh temperatur panas dan dihasilkan saat terjadi kompressi pada silinder mesin, karena proses pembakaran pada mesin diesel terjadi pada panas yang diakibatkan oleh udara yang masuk ke silinder, dan selanjutnya dikompresikan pada ruang tertutup yang disebabkan karena katup sama- sama tertutup.

Mesin diesel kompensional atau, mesin disel berukuran kecil dan terjadinya udara masuk kedalam silinder diakibatkan oleh isapan piston. Tidak sepenuhnya udara mengisi silinder mesin dan sekitar 80 % dan panas udara menimbulkan tidak maksimum.

Mesin diesel merupakan mesin besar dengan tambahan komponen yang disebut dengan turbo charger berdasarkan desainya juga termasuk disel modern. Cara kerja engine diesel memerlukan jumlah udara yang tepat pada ruang pembakaran serta gas buang yang dapat keluar dengan hambatan minimal yang merupakan kerja engine diesel yang efisien.

Sistem pembakaran pada mesin diesel (siklus kerja mesin diesel Dan sistem pemasukan udara engine)
Suhu udara masuk juga gas buang keluar merupakan hal penting pada usia pakai engine dan performa. Berdasarkan sistem pemasukan udara engine dapat terbagi menjadi beberapa jenis antara lain :

1. Natural aspirated
2. Turbocharger

Sedangkan engine dengan turbocharger terbagi menjadi dua jenis antara lain:

1. Turbocharger
2. Turbocharger aftercooler

Pada Aftercooler juga dipergunakan turbocharger engine yang terdiri dari :

1. Air to air aftercooler
2. Jacket water aftercooler
3. Separate circuit aftercooler

Natural aspirated adalah ruang sistem pemasukan udara ke dalam ruang bakar yang terjadi secara alamiah, selain itu pada operasi mesin melalui hisapan piston pada saat langkah intake berakibat udara mengalir melewati precleaner, air cleaner, intake manifold yang disebabkan terjadinya kevakuman diruang bakar.

Pada air cleaner dan sistem intake sering terjadi hambatan seperti kerapatan udara yang dihisap sangat rendah dibanding kerapatan udara atmosfer. Tenaga yang dihasilkan terbatas disebabkan karena jumlah udara terbatas, sehingga bahan bakar yang diinjeksikan juga terbatas.

Semoga bermanfaat.

0 komentar