Vibration Damper, Flywheel dan fungsi flywheel- engine

Vibration Damper, Flywheel dan fungsi flywheel- engine - Selanjutnya adalah vibration damper setelah membahas artikel yang telah saya posting lebih awal dari berbagai komponen engine. Vibaration Damper merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk meniadakan puntir ataupun torsional vibration karena variasi gaya sekitar 3 sampai hingga 10 ton atau 2.724 hingga 9.080 kg yang terdapat pada piston atau setelah crank.

Sebuah gaya yang berirama "rhytmic force" yang terjadi diantara dua langkah tenaga disebut dengan torsioanl vibration. Sedangkan terjadinya crankshaft yang terpuntir secara bergantian adalah karena hilangnya gaya pada crankshaft, sehingga seperti pengukuran diperlukan yang berfungsi untuk mencegah hal tersebut karena akan berakibat bunyi engine akan kasar juga crankshaft akan patah.

Selain itu, seperti vibration damper jenis viscous atau rubber juga dapat dipasangkan pada bagian depan crankshaft juga pembuatan vibration damper dan disesuaikan dengan karakter engine.

Rubber damper dan Viscous damper

Vibration Damper, Flywheel dan fungsi flywheel- engine

Pada bagian depan crankshaft engine 3406E terdapat vibration damper yang berfungsi untuk mengatur seperti halnya torsional serta vibration yang terdapat pada cranksahft, hal tersebut merupakan seperti miniatur dari flywheel yang di press atau dibaut yang terdapat pada bagian depan crankshaft.

Berikut ini terdapat dua jensi vibartion damper dari gambar rubber damper dan viscous damper, antara lain :
  • Rubber damper yang terdapat pada sebelah kiri yang befungsi untuk mengguanakan karet yang berfungsi untuk menyerap busi.
  • Visous damper yang terdapat pada sebelah kanan dengan oli berat atau free- floating steel ring berfungsi untuk menyerap panas.

 Flange campuran karet

Rubber damper yang terbuat dari inner iron- alloy steel flange yang memiliki dudukan serta outer cast- iron weight assemble atau "inertial mass". Sedangkan pada flange bagian depan dalam diikat dengan menggunakan pemberat pada bagian luar dengan menggunakan campuran karet.

Viscous fluid


Terdapat dua arah viscous damper yang memiliki dua arah atau "housing". Selain itu, seperti pemberat atau inertial mass serta cairan sejenis grease terdapat pada kedua housing dilas menjadi satu.

Sedangkan seperti lebar celah antara housing dan pemberat adalah sekitar 0.010 in atau 0.25 milimeter, pada celah ini diperlukan untuk diisi dengan viscous fluid atau cairan kental. Sedangkan viscous damper perlu untuk dikerjakan dengan hati- hati karena jika rusak perlu diganti.

Flywheel Assembly

Berikut ini flywhell yang terdiri dari :

1. Flywheel
2. Ring gear, yang terdapat disekeliling flywheel dan digunakan untuk men-start engine
3. Flywheel housing

Komponen tersebut merupakan penghubung antara engine serta beban, sedangkan flywheel diikat pada bagian belakang crankshaft, dan selain itu crankshaft berfungsi untuk memutar flywheel pada langkah tenaga, sedangkan momentum yang terdapat pada flywheel berfungsi untuk membuat crankshaft dengan halus selama terjadi 3 langkah lain dari setiap cylinder yang terdapat pada engine bersilinder banyak. 

Berikut ini fungsi Flywheel, antara lain :

  • Menyimpan tenaga untuk momentum diantara langkah tenaga.
  • Meminimalkan goyangan torsional atau rotational pada crankshaft.
  • Memindahkan tenaga ke machine, torque converter, beban atau peralatan atau transmisi lainnya.

0 komentar