Komponen dan sirkuit alat berat / sirkuit hidrolik alat berat dan graphic symbol

Komponen dan sirkuit alat berat / sirkuit hidrolik alat berat dan graphic symbol - Dengan bergerak serta dirancang memiliki sistem hidrolik yang menggunakan dari berbagai jenisikomponen sehingga dapat untuk dioperasikan dengan efisisen. Sedangkan  silinder hidrolik dengan berbagai jenis digunakan untuk mengoperasikan berbagai peralatan seperti halnya bucket, blade, ripper, backhoe serta truckbed.

Sistem dasar hidrolik 
Motor hidrolik digunakan untuk menggerakan track, wheel serta badan mobil dan juga ban berjalan seperti halnya brake, steering, transmisi, suspensi juga sistem kendaraan lain yang juga menggunakan tenaga dan kontrol hidrolik.

Komponen sistem

Dari gambar tersebut telah sistem dasar hidrolik dan agar sistem dasar hidrolik tersebut dapat digunakan atau dioperasikan seperti silinder memanjang dan memendek, maka sistem tersebut harus memiliki komponen seperti berikut ini ;
  • Fluid (A)
  • Reservoir (B)
  • Filter (C)
  • Pump (D)
  • Directional Control Valve (E)
  • Actuator / Hydraulic Cylinder (F)
  • Lines (G)
  • Pressure Control Valve (H)
  • Cooler (I).
Dari kebanyakan pembuat sistem hidrolik menggunakan simbol sirkuit yng digunakan untuk menjelaskan komponen lain serta berfungsi untuk menggambarkan fungsi juga pengoperasian sirkuit tersebut.

Sirkuit hidrolik

Graphic symbol

Graphic symbol pad diagram tenaga zat cair pada gambar tersebut dikembangkan oleh American National Standards Institute (ANSI) dan pada saat sekarang ini telah banyak dipakai oleh International Standard Organisation (ISO).

Untuk kepentingan dunia industri serta pendidikan dengan simbol ini yang merupakan standar komunikasi untuk kepentingan dunia pda bidang industri. Sedangkan standar tersebut memudahkan seperti perancangan, fabrikasi, analisa serta perbaikan yang atas sistem tenaga zat cair.

Pada simbol tersebut lebih banyak untuk menjelaskan fungsi komponen dan bukan merupakan cara pembuatan dan sebagai tamabahan dari simbol tersebut telah menunjukan bagaimana dari berbagai komponen tenaga zat cair mampu untuk beropreasi secara pneumatik, hidrolik, elektrik serta manual dan lain sebagainya.

Untuk memahami dari sistem graphic symbol secara maksimal disarankan untuk memahami serta mematuhi ketentuan berikut ini antara lain :
  • Hubungan alu aliran serta fungsi dari berbagai komponen di tunjukan dengan melalui simbol tersebut, dan simbol tidak menunjukan kondisi yang ada ketika terjasi pengalihan dari suatu aliran ke aliran lain. Simbol yang ada tidak menunjukan konstruksi atau nilai yang diwakili seperti halnya tekanan air, laju aliran serta pengaturan dan komponen lain.
  • Lokasi port, pergerakan spool serta posisi elemen kontrol yang terdapat pada komponen sebenarnya tidak ditunjukan melalui simbol.
  • Penekanan komponen dalam sebuah sirkuit tanpa mengubah makna dari posisi ataupun ukuran dari sebuah simbol yang dapat diubah.
  • Kondisi normal ataupun netral dari suatu komponen dan terkecuali terdapat diagram sirkuit ganda yang menunjukan dengan berbagai jenis fase pengoperasian sirkuit dari setiap simbol yang digambar.
  • Sedangkan tanda panah tersebut merupakan suatu penutup simbol yang menunjukan arah serta aliran di dalam suatu komponen seperti yang digunakan dalam sistem yang diwakili dan tanda panah yang dua arah bolak- balik merupakan sebagai penunjuk aliran bolak- balik.
Untuk menggambarkan komponen serta sirkuit digambarkan dengan melalui bentuk geometris yang digunakan pada graphic symbol yang diantaranya adalah lingkaran, kotak, persegi panjang, segitiga, busur, panah, garis serta titik dan silang. 

Artikel terkait :

0 komentar