Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem

Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem - Cara memasang differential dan bevel gear merupakan langkah dalam perawatan power train mesin otomotif agar komponen mesin tersebut memiliki umur pakai yang lebih lama. Dalam perakitan dan selama mearakit tidak diperbolehkan untuk menekan cold bevel gear ke dalam paruhan flange case. a

Baca juga artikel : Cara merakit drive pinion bearing cage ke dalam carrier mesin otomotif

Sedangkan kerusakan paruhan case disebabkan karena cold bevel case yang terlalu kencang, dan keausan gear yang melebihi spesifikasi yang ditentukan dari partikel logam diantara komponen dan berakibat keausan. Berikut ini cara memasang differential dan bevel gear mesin otomotif dengan melakukan prosedur seperti berikut :
  • Gunakan air dengan suhu 160 - 180 derajat F selama 10 - 15 menit sehingga bevel gear memuai dan dianjurkan untuk tidak menggunakan api untuk memuaikan.
  • Bevel gear boleh kembali dipanaskan jika kesulitan memasukan setelah angkat bevel gear ke dalam paruhan flange case dengan hati- hati setelah gear dipanaskan.
  • Memutar bevel gear jika diperlukan selain meratakan lubang penguat bevel gear dan paruhan flange case. 
Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem
  • Seperti yang tampak pada gambar kepala baut harus berdekatan serta memasang perangkat keras yang berfungsi sebagai penahan bevel gear ke paruhan flange case dan pada sisi gear pada rangkaian di pasang baut.
Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem
  • Dari sisi paruh rangkaian dalam memasang baut satu sama lain dengan ukuran baut yang tepat dan saling membelakangi satu sama lain yang berfungsi menahan bevel gear dan kencangkan baut sesuai dengan torsi yang tepat. Seperti yang tampak pada gambar untuk menekan baut dari bevel gear side dengan menggunakan riveter machine dan pressure. Dalam hal ini gauge dengan ketebalan 0,003 inci ketika pressure baut selama 1 menit dan memeriksa celah diantara pemukaan belakang gear dan case flange.
Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem
  • Seperti tampak pada gambar dengan menggunakan hydraulic press dan sleeve untuk memasang cone dari cara memasang bearing cone pada kedua paruhan case.
  • Diberikan oli pelumas pada permukaan komponen mesin seperti kedua paruhan case, spider, thrust washer, side gear, dan differential pinion.  
  • Untuk menempatkan bevel gear dengan menghadap keatas dalam menempatkan flange case pada bangku.
Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem
  • Seperti yang tampak pada gambar adalah cara memasang side gear dan thrust washer kedua di atas spider dan differential pinion.
  • Paruhan flange dan gear ini berfungsi untuk meletakan paruhan polos differential case, dan sesuai dengan goresan penanda dari putaran paruhan polos tersebut.
  • Dengan mengencangkan dengan penguat sesuai torsi dalam posisi berlawanan satu sama lain serta pasang perangkat kearas ke dalam paruhan case serta jarak antara penguat yang sama.
  • Differential gear dan differential pada perputaranya dengan memeriksa daya hambatnya. 

Demikian artikel bagaimana Cara memasang differential dan bevel gear (mesin otomotif) power train sistem semoga bermanfaat.

0 komentar