Check valve dan pressure control valve pada komponen hidrolik alat berat

Check valve dan pressure control valve pada komponen hidrolik alat berat - Check Valve serta tujuan dari check valve adalah untuk memungkinkan dari aliran oli di dalam satu arah serta untuk mencegah oli dari arah sebaliknya dengan melalui penecegahan. Selain itu, check valve juga sering disebut dengan satu arah atau one way.


Dari seperti yang terlihat pada gambar diatas dari kebanyakan check valve memiliki sebuah spring serta sebuah tapered seat valve. Sedangkan untuk bola bundar juga digunakan guna menggantikan tapered valve seat. Check valve dalam beberapa sirkuit berfungsi mengapung bebas atau tidak terikat spring.
Check valve dan pressure control valve pada komponen hidrolik alat berat
Ketika tekanan pompa oli mengatasi tekanan oli dibelakang chack valve pada valve sebelah kiri maka perlu ditambah gaya spring kecil check valve dan oli mengalir ke dalamnya pada check valve terbuka.

Selain itu, ketika tekanan pompa oli lebih kecil dibandingkan dengan tekanan oli di dalam wadah hal tersebut terdapat pada valve disebelah kanan yang dengan check valve menutup serta mencegah oli mengalir kembali ke valve.

Pressure control valve

Pada valve jenis ini juga dikenal dengan nama relief valve dan sedangkan fungsi relief valve digunakan untuk memberi perlindungan serta membatasi tekanan maksimum pada sistem hidrolik serta komponen sistem yang tidak mengalami malfungsi macet atau terbakar dan line atau saluran zat cair tidak terbakar serta bocor pada persambungan.

Guna untuk menjalankan bagi zat cair sistem perlu untuk dibelokan ke reservoir pada saat pengaturan tekanan valve yang telah dicapai dengan menggunakan relief valve. Pencapaian tersebut ketika tekanan zat cair pada sistem yang telah melebihi pengaturan oleh kekuatan spring pada relief valve dari bukaan relief valve.

Relief valve akan membuka serta membuka aliran ke reservoir dari tekanan zat cair yang naik hingga mencapai tingkat yang melebihi kekuatan spring. Dengan melepaskan tekanan zat cair dalam sistem menurut nilai kekuatan spring dalam relief valve dan dimaksud dengan relief atau membatasi.

Simple Pressure Relief Valve “Crakcing Pressure”

Simple relief valve disebut juga dengan direct acting relief valve tertutup atau close dari adanya kekuatan spring dan relief pressure mengatur tegangan spring. Sedangkan untuk pengaturan relief pressure bukanlah pada saat tekanan ketika valve pertama kali membuka.
Check valve dan pressure control valve pada komponen hidrolik alat berat
Kelebihan oli mengakibatkan tekanan oli naik dan pada suatu kondisi yang menyebabkan terjadinya perlawanan atas oli normal di dalam sirkuit. Sedangkan kenaikan tekanan oli tersebut juga dirasakan oleh relief valve . 

Selanjutnya jika kekuatan dari tekanan oli naik melebihi kekuatan relief valve spring akan berakibat valve bergerak melawan spring dan mulai membuka.  Sedangkan cracking pressure digunakan untuk membuka valve dan valve membuka secukupnya untuk mengalirkan oli melalui valve.

0 komentar