Definisi dan fungsi serta prinsip dasar Power train

Definisi dan fungsi serta prinsip dasar Power train - Definisi power train dari berbagai sumber yang ada power train merupakan sekelompok komponen yang mentransfer power secara bekerja sama yang digunakan untuk melakukan kerja melalui sebuah sumber power atau gaya diproduksi menuju pada tempat untuk melakukan kerja.

Wheel Loader (General Machine)
Definisi dan fungsi serta prinsip dasar Power train
Freight train merupakan yang digunakan sebagai analogi dari  proses pengangkutan barang dimana freight train merupakan rangkaian komponen dri sebuah lokomotif dengan pemindahan muatan yang dari tempat produksi menuju ke suatu tempat dimana muatan dibutuhkan.Sedangkan untuk istilah power train bukanlah hal baru, karena sejak zaman dahulu digunakan untuk mendefinisikan komponen dari tempat satu ketempat lainya dengan menyalurkan power silahkan lihat pada gambar yang tampak berikut ini.

Istilah power train ini digunakan untuk menggambarkan rangkaian mesin yang digunakan untuk meneruskan power dari kincir yang menuju alat dalam melakukan kerja seperti pada penggilingan tepung, penenunan pakaian juga penggergajian kayu. Pada gambar tersebut merupakan sebagai contoh pada kincir yang digerakan dengan air yang digunakan pda zaman kolonial. Didalam istilah otomotif seperti power train diartikan untuk memutus serta mengontrol power engine.

Kincir 
Definisi dan fungsi serta prinsip dasar Power train
Fungsi Power train
Berikut ini power train yang terdapat pada alat berat merupakan rangkaian komponen atau suatu sistem  yang meneruskan tenaga dari engine yang mulai dari torque converter sampai final drive, menuju roda atau track. Fungsi power train memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :
  • Menghubungkan dan memutuskan tenaga dari engine
  • Mengubah kecepatan gerak dan torsi
  • Mengubah arah gerak machine
  • Menyamakan tenaga yang didistribusikan ke roda penggerak

Prinsip-prinsip Dasar Power Train
Power atau tenaga merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan antara kerja dan time atau disebut dengan hubungan. Tenaga dalam hal ini didefinisikan jumlah kerja yang dilakukan atau energi yang dipindahkan dalam waktu tertentu dengan menggunakan rumus seperti berikut ini: P = W/t dimana W adalah kerja dan t adalah waktu.

Work (Usaha) dan Force (Gaya)
Dalam hal ini usaha merupakan suatu gaya yang berfungsi untuk menggerakan benda dengan jarak pergerakan benda tersebut dengan cara mengkalikan. Sedangkan menurut hukum newton berkaitan dengan gerak diartikan usaha sama dengan gaya yang dikalikan dengan jarak pergerakan suatu benda yang menggunakan rumus seperti berikut ini : W = F x d dimana F adalah gaya dan d adalah jarak.

Torque (Torsi)
Torsi merupakan gaya putar terhadap suatu benda sehingga benda bergerak berputar, dan jumlah torsi akan sama dengan besar gaya yang dikalikan dengan jarak antara pusat putaran dengan titik ketika gaya tersebut bekerja. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut : T = F x r.

F = Gaya
r = jarak dengan pusat putaran dengan titik dimana gaya tersebut bekerja yang merupakan komponen utama power train. Sedangkan seperti alat berat Dozer, Wheel Loader, Excavator merupakan jenis power train yang dapat dikelompokan ke dalam dua bagian antara lain : Mechanical power train dan Hydrostatic power train.

Artikel Terkait : 

0 komentar