Metode dan Identifikasi hose dari Layline pada Caterpillar sistem hidrolik

Metode dan Identifikasi hose dari Layline pada Caterpillar sistem hidrolik - Metode-metode identifikasi hose dan Indentifikasi dari layline pada caterpillar yang disepanjang kulit luarnya tercetak hose dengan berbagai keterangan dengan berbagai spesifikasinya dan hose layline ini disebut dengan keterangan yang tercetak.

Seperti halnya tipe hose, ukuran dash, nomor part dan diameter bagian dalam juga pressure kerja juga kode tanggal dan kode mine safety serta health administration atau MSHA dimana seharusnya digunakan yang dinyatakan melalui sebuah layne caterpillar.

CAT Hose Layline
Metode dan Identifikasi hose dari Layline pada Caterpillar sistem hidrolik

Pressure kerja dan diameter bagian dalam yang dicakup melalui informasi penting pada hose- hose SAE yang juga meliputi 100R dan dalam ukuran metric merupakan kode konstruksi yang diberikan layline DIN. Sedangkan Layline sendiri mengidentifikasi hose dengan cara mudah.

Dari yang diketahui seperti spesifikasi hose dari keterangan pada layline pada tabel dalam caterpillar hose dan couplings reference guide yang direfernsi secara silang dan juga dapat digunakan untuk identifikasi dalam proses penggantian hose buatan dari caterpillar.

Identifikasi dari referensi material
Berikut ini terdapat cara lain yang digunakan untuk mengidentifikasi hose yang terdapat pada machine Caterpillar adalah dengan cara melihat parts book atau dengan melihat service information system atau SIS untuk menentukan nomor part assembly dengan mengguanakan basis komputer.

Sedangkan untuk menentukan hose dengan menggunakan nomor part assembly serta coupling dan pelapis baja yang dibutuhkan pada assembly. Pada hose assembly system atau HAS yang berbasis komputer menampilkan nomor part individual dan bagian part assembly juga pada caterpillar hose assembly fabrication guide atau HAFG, coupling system atau (HCIS) CD (JERC2282).

Ukuran Dash
Untuk menunjukan besar inside Diameter atau diameter dalam (ID) dengan menggunakan ukuran dash dari hose caterpillar  dan dari hose tube yang pada bagian dalam dengan satuan seper - 16 inci dan terkecuali hose- hose air conitioning SAEJ51 Type D (CAT 1543) dan 100R5 (CAT 556, 1130).

Berikut ini sebagai contohnya adalah hose dengan setengah inci SAE 100R2 dengan nilai dash 8 karena dari jumlah seper 16 dalam setengah inci adalah 8. Dengan menggunakan diameter bagian dalam digunakan untuk pengukuran adalah digunakan untuk mengukur dash sehingga mencakup dari seluruh metode pengukuran diameter pada bagian dalam.

Dash size dari Hose Caterpillar
Metode dan Identifikasi hose dari Layline pada Caterpillar sistem hidrolik

Berikut ini syarat yang digunakan dan harus dipenuhi diantarnya:
Diperlukan beberapa kondisi ketika mengganti hose seperti kondisi ukuran hose, pressure kerja maksimum, rentang temperatur operasi, kompabilitas fluida, radius bengkokan maksimum dan kondisi lingkungan. 

Sedangakn untuk hose baru memiliki ukuran yang sama dengan hose lama yang diharapkan dapat beroperasi pada sistem hidrolik sesuai dengan spesifikasi rancangan dan hose kecil mengendalikan aliran kecil dan hose besar mengendalikan aliran besar.

Jika hose kecil akan berakibat mengurangi kapasitas aliran dan meningkatkan temperatur pada sistem hidrolik dan hose besar memperlambat respon waktu sistem. Sistem hidrolik digunakan untuk beroperasi pada pressure spesifik.

Hose juga harus dapat bertahan pada pressure konstan dan pressure kejut dan potensi bagi kerusakan dapat terjadi jika menggunakan hose baru diatas pressure kerja maksimum hose lama, sedangkan pressure kerja maksimum sama dengan 1/4 kali pressure burst atau ledakan minimum.

Rentang frekuensi yang tetap pada tube bagian dalam yang mengalirkan fluida yang spesifik dan dari bahan yang berbeda yang digunakan untuk hose pada liner - liner. Sedangkan menggunakan fluida yang tidak cocok akan mengurangi umurnya.

Bengkokan yang besar sebagai acuan radius bengkokan minimum hose dan hose dapat rusak jika dibengkokan lebih jauh. Konstruksi hose merupakan faktor utama yang mempengaruhi radius bengkokan minimum dan jika hose pendek akan timbul masalah pada radius bengkokan minimum.

Sedangkan faktor tersebut adalah kondisi lingkungan ketika hose digunakan dan agar dapat digunakan dalam aplikasi tertentu bahan cover disesuaikan dalam perancanganya. Sedangkan kerusakan hose akan lebih awal jika hose pada temperatur tinggi disekitar atau kondisi eksternal yang keras diluar desain operasi. Hose diganti jika terpelintir, kaku, pecah atau penyok, retak, rusak, tergores atau bocor.

0 komentar