Fungsi Suspensi Alat Berat dan Faktor Suspensi

Fungsi Suspensi Alat Berat dan Faktor Suspensi - Dengan ban dan termasuk spring dan peredam kejut (shock absorber) Suspensi menghubungkan frame kendaraan (chassis).Banyak axle diklasifikasikan sebagai pembagian beban (load-sharing) atau non-pembagian beban (non-load sharing) pada Frame menopang komponen-komponen utama kendaraan dan sistem suspensi.

Fungsi Suspensi Alat Berat dan Faktor Suspensi

Berikut ini dari setiap sistem suspensi berfungsi untuk :

Berfungsi untuk menjaga kontak ban dengan jalan.
Berfungsi untuk menopang beban yang diberikan.
Berfungsi untuk mengisolasi kendaraan dan bebannya dari kejutan jalan (road shock).
Berfungsi untuk metransmisikan tenaga driving (kemudi), rem (Braking) serta gerakan ke rangka.
Berfungsi untuk menyediakan torque reaction driving (kemudi), rem (Braking) dan gerakan.
Berfungsi untuk memberikan kekerasan gulungan (roll stiffness).
Berfungsi untuk menahan gerakan axle lateral pada saat berada di pojok.
Berfungsi untuk menjaga kontak ban dengan jalan.
Berfungsi untuk menopang beban yang diberikan.
Berfungsi untuk mengisolasi kendaraan dan bebannya dari kejutan jalan (road shock).
Berfungsi untuk mentransmisikan tenaga driving (kemudi), rem (Braking) dan gerakan ke rangka.
Berfungsi untuk menyediakan torque reaction driving (kemudi), rem (Braking) dan gerakan.
Berfungsi untuk memberikan kekerasan gulungan (roll stiffness).
Berfungsi untuk menahan gerakan axle lateral pada saat berada di pojok.

Selain itu terdapat Peraturan dan pembagian beban merupakan faktor-faktor yang diperhitungkan dalam perancangan suspensi antara lain sepeti : Peringkat (Rate) spring, perjalanan suspensi, roll stiffness, frekuensi pitch, redaman, massa dengan spring dan tanpa spring, peringkat (Rate) beban.

Kendaraan bergerak di jalan tanpa ketiga gerakan suspensi dasar yang dibahas pada Faktor-faktor Suspensi dari sistem suspensi yang ideal. Berikut ini adalah faktor- faktor suspensi dasar alat berat diantaranya adalah : 
  • Gerakan melambung / bounce (baik benturan maupun pantulan) atau gerakan vertikal keseluruhan kendaraan.
  • Gerakan setengah lingkaran (pitch) seperti gerakan kursi roda dari depan ke belakang.
  • Gerakan menggulung / roll atau gerakan di sekitar axle membujur yang dihasilkan oleh gaya sentrifugal pada saat membelok.
Guncangan-guncangan dan lubang-lubang besar ditahan oleh spring suspensi dari Ban mendefleksikan (deflect) dan menahan (absorb) ketidaknormalan yang kecil di jalan. Spring dapat menyerap banyak gerakan sehingga frame bergerak lebih sedikit banding roda ketika ban naik dan turun sesuai permukaan jalan.

Demikian Fungsi Suspensi Alat Berat dan Faktor Suspensi semoga bermanfaat.

0 komentar