Sistem Suspensi Alat Berat (Tanpa Pembagian Beban & Pembagian Beban) - Tanpa Pembagian Beban dengan mempertimbangkan operasi dari suspensi axle gabungan (tandem axle suspension) Merupakan cara untuk menjelaskan prinsip - prinsip sistem suspensi pembagian beban. Sedangkan seperti yang tampak pada gambar tersebut menjelaskan suspensi axle gabungan yang tidak menggunakan prinsip pembagian beban.
Baca juga artikel alat berat : Suspensi Alat Berat (Massa dengan pegas - Massa tanpa pegas - Peringkat pegas)
Sebagai contohnya 15 ton untuk beban total suspensi belakang dari setiap axle menopang dari separuh dari jumlah beban 7, 5 ton. Dalam situasi seperti ini terjadi ketika kendaraan sedang berdiri diam atau berada pada permukaan yang datar serta mulus.
Spring pada bagian roda akan berkompresi dan akan menopang beban yang lebih besar jika kendaraan tersebut sedang bergerak dan sebuah roda menyentuh tonjolan seperti yang tampak pada gambar. Hal tersebut disebabkan Karena beban suspensi total tidak berubah dan akan dikurangi oleh jumlah yang sama dari beban yang ditopang oleh roda kedua. Dengan demikian sistem suspensi ini bukanlah sistem pembagian beban.
Pembagian Beban / Load Sharing
Seperti yang tampak pada gambar adalah suspensi axle gabungan yang merupakan pembagian beban. dengan sebuah axle yang ditempatkan pada kedua ujung batang dan Sistem ini terdiri atas sebuah batang (beam).
Dari bracket pada frame kendaraan Batang ini berputar pada titik tengahnya. Sedangkan Kedua axle membagi beban dalam jumlah yang sama pada kendaraan dalam keadaan diam pada suatu permukaan yang datar dan mulus sebagaimana pada sistem tanpa pembagian beban.
Batang (beam) akan tetap membagi beban dalam jumlah yang sama untuk kedua axle ketika sebuah roda membentur tonjolan. Demikian sistem suspensi sistem pembagian beban.
Demikian Sistem Suspensi Alat Berat (Tanpa Pembagian Beban & Pembagian Beban) semoga bermanfaat.
0 komentar