Axle Alignment Kendaraan Beroda

Axle Alignment Kendaraan Beroda - Roda-roda belakang harus menapak tepat lurus di belakang roda-roda depan ketika kendaraan sedang berjalan straight ahead (lurus kedepan) dan idealnya, as roda kendaraan harus tegak lurus terhadap garis tengah kendaraan. 

Thrustline yang benar
Axle Alignment Kendaraan Beroda
Thrusline yang ditimbulkan oleh roda-roda belakang adalah sejajar dengan garis tengah kendaraan bila terjadi seperti hal tersebut seperti yang tampak pada gambar.  

Thrusline yang salah 
Axle Alignment Kendaraan Beroda
Seperti yang tampak pada gambar Thrustline roda-roda belakang menyimpang dari garis tengah kendaraan dan roda-roda belakang tidak menapak tepat di belakang roda-roda depan bila as roda kendaraan tidak tegak lurus terhadap garis tengah kendaraan.

Kendaraan akan mengalami oversteer bila berbelok ke satu arah dan akan mengalami understeer bila berbelok ke arah yang lain dan roda-roda depan akan aus dengan cepat. Dengan demikian akan dapat menyebabkan roda steering (kemudi) duduk dalam posisi tidak di tengah (uncentered position). 

Thrustline yang salah pada kendaraan yang memiliki as roda tunggal 
Axle Alignment Kendaraan Beroda
Pada kendaraan yang kendaraan yang memiliki as roda tandem, kendaraan yang memiliki as roda tunggal dan trailer akan dapat terjadi Penapakan (track) yang salah. Jika keseluruhan as roda menyimpang (offset) thrustline pada as roda belakang dapat pada kendaraan as roda tunggal Seperti yang tampak pada gambar.

Selain disebabkan karena keseluruhan as roda menyimpang (offset) karena thrustline pada as roda belakang dapat menyimpang juga dapat disebabkan karena jika hanya satu roda yang memiliki sudut toe yang tidak benar.

Masalah tracking yang umum pada kendaraan dengan tandem axle 

Axle Alignment Kendaraan Beroda

Seperti yang tampak pada gambar terdapat beberapa kombinasi yang digambarkan seperti sejumlah kombinasi yang berbeda-beda yang dapat menyebabkan tracking yang salah pada as roda tandem.

Jepit sebuah siku-siku pada rangka sehingga tegak lurus dengan frame rail pada masing-masing sisinya untuk memeriksa ketidakkesejajaran (misalignment) pada as roda tunggal. 3 mm satu dengan lainnya jarak pada masing-masing sisi. Jika tidak, as roda harus disejajarkan. Ukur dari siku-siku tersebut ke bagian tengah hub steering atau kemudi.

Demikian Axle Alignment Kendaraan Beroda. Semoga bermanfaat

0 komentar