Sudut Steering toe-in dan toe-out (Kemiringan poros roda steering) - Sebelumnya baca artikel berikut ini Kemiringan Poros Roda Steering Slip Angle Dan Toe-In/Toe-Out yang menempatkan beban berat pada sambungan-sambungan steering linkage yang merupakan salah satu dari gaya ini dapat menyebabkan roda-roda depan cenderung berubah arah.
Baca Juga artikel : Sudut Steering (Steering Angle) Aspek running dari roda steering (kemudi)
Sambungan-sambungan tersebut menekan dan meregang, sehingga mengubah toe yang disebabkan Karena semua sambungan steering (kemudi) memiliki gerakan yang sangat kecil dan Drive axle biasanya memiliki built in toe-in.
Pola aus ban karena toe-in dan toe-out yang salah
Dibandingkan dengan sudut kesejajaran (alignment) yang tidak benar lainnya sudut toe yang tidak benar berpotensi lebih besar menyebabkan aus. Sudut toe yang tidak benar tidak mempengaruhi kestabilan arah kendaraan.
Aus pada pinggiran luar ban disebabkan Toe - in yang terlalu banyak Seperti yang tampak pada gambar. Pinggiran berbulu muncul pada ban pada keseluruhan lebar tapaknya baik pada ban radial-ply maupun ban bias-ply dalam kasus toe-in atau toe-out yang ekstrim.
Bila dibandingkan dengan ban bias-ply ban radial lebih sensitif terhadap sudut toe yang tidak benar. bila dibandingkan dengan pola kontak bundar yang dimiliki ban bias-ply ban radial mencengkeram jalan dengan pola kontak dengan permukaan tanah berbentuk persegi panjang yang lebih rentan terhadap gosokan.
Ban memiliki kecenderungan alami untuk toe-out pada saat kendaraan sedang berjalan dan Toe dihitung dalam satuan derajat atau inci. Bila kendaraan kosong (tidak memuat beban) biasanya, steering axle menuntut setelan toe-in 1,5 kurang lebih 0,75 mm.
Mengganti komponen-komponennya jika perlu atau menyetel panjang ujung-ujung tie rod dalam melakukan penyetelan toe. Demikian Sudut Steering toe-in dan toe-out (Kemiringan poros roda steering). Semoga bermanfaat.
0 komentar