4 Aktivitas Cara Kerja Mesin Mobil

4 Aktivitas Cara Kerja Mesin Mobil - Cara Kerja mesin mobil sebenarnya dalam prosesnya terbagi menjadi 4 aktivitas. Empat aktivitas tersebut meliputi intake, compression, power dan exhaust.

4 Aktivitas Cara Kerja Mesin Mobil

1. Intake
Intake adalah suatu proses piston tertarik ke bawah oleh crankshaft dan menuju silinder. Crankshaft ini akan terus bergerak selama mobil bergerak. Bahan bakar dan udara yang melalui katup yang terbuka akan bercampur di dalam silinder.

2. Compression
Piston bergerak meremas dan mengkompresi campuran antara udara serta bahan bakar sehingga mudah terbakar, katup saluran yang masuk kemudian ditutup, Steker pemacu terbakar pada saat piston bergerak ke sisi bagian atas silinder.

3. Power
Ledaka kecil dihasilkan oleh percikan apai hasil dari proses kompresi dan bahan bakar terbakar sehingga menghasilkan gas panas yang berfungsi mendorong piston ke sisi bagian bawah. Proses tersebut melepaskan energi dan menggerakan crankshaft.

4. Exhaust
crankshaft akan terus berputar dan katup saluran luar kemudian terbuka. Perputaran crankshaft ini mendorong piston menuju ke silinder, dan gas dari hasil pembakaran dibaung melalui knalpot. 

0 komentar