Komponen sistem pendingin Water pump dapat digunakan untuk mensirkulasikan dari cairan pendingin atau yang disebut dengan "coolant" yang dapat mengalir ke seluruh sistem pendinginan serta dapat menyerap panas yang di timbulkan.
Pada water pump ini yang terdiri dari beberapa jenis water pump digerakkan langsung oleh gear dari yang berada pada front housing, selain itu ada juga yang digerakkan oleh vee belt yang terhubung ke pulley pada bagian depan crankshaft.
Oil Cooler
Oil Cooler Dari saluran yang keluar water pump dari cairan pendingin mengalir ke oil cooler, Oil cooler yang terdiri dari satu set tabung dalam rumahnya. Tabung- tabung tersebut di aliri oleh cairan pendingin dan menyerap serta membuang panas oli yang terdapat disekeliling tabung. Oil cooler membuang panas dari oli pelumas, sehingga sifat- sifat serta konsentrasi oli tetap terpelihara.
Jacket Water
Jacket water Pada sekeliling block engine terdapat saluran coolant, selain block engine juga terdapat cylinder head atau disebut dengan jacket water yang merupakan ruangan besar pada lock dan head yang mengelilingi cylinder pada engine.
Agar suhu engine merata pada ruangan tersebut untuk normalnya dipenuhi coolant yang berfungsi agar suhu engine merata, pada permukaan jacket water ini terdiri dari logam besi, sehingga air sebagai media pendingin harus dicampur dengan zat kimia anti karat atau yang disebut dengan coolant conditioner.
Water Temperatur
Water temperatur regulator atau thermostat berfungsi untuk mengatur aliran coolant yang menuju radiator. Perhatikan proses berikut : ketika engine dalam kondisi dingin, thermostat menutup aliran air yang menuju radiator serta coolant dari engine yang akan dialirkan untuk menuju water pump serta juga melalui bypass tube dan lalu kembali ke engine.
Dari hal tersebut akan dapat membantu agar panas engine akan dapat mencapai suhu kerja cepat. Pada saat engine panas, thermostat tersebut akan dapat mengalirkan air uang menuju radiator untuk didinginkan sebelum memasuki engine.
Untuk thermostat tidak akan secara penuh membuka serta menutup, akan tetapi berada dalam posisi keduanya yang berfungsi untuk mempertahankan suhu engine selalu tetap konstan, karena suhu engine harus tepat dan sangat penting.
Sedangkan engine yang dengan suhu yang dingin tidak akan dapat bekerja untuk menghasilkan suhu tinggi dalam mendapatkan sistem pembakaran effisien, sehingga menyebabkan munculnya endapan yang terjadi pada sistem pelumasan engine. Apabila engine terjadi suhu yang terlalu panas makan akan menyebabkan engine panas atau (overheat) serta menyebabkan kerusakan yang serius pada engine.
Radiator
Radiator adalah suatu sistem atau komponen sistem pendingin yang berfungsi untuk melepaskan suhu panas pada coolant ke udara, pada radiator ini memiliki tube yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya coolant dari atas ke bawah. pada bagian bawah radiator terdapat hose yang berfungsi untuk menghubungkan radiator dengan pompa.
Sedangkan tube terdapat fins yang berfungsi untuk membantu serta mempermudah untuk melepaskan panas ke udara pada saat udara melintas fins radiator. Untuk ukuran radiator telah diperhitungkan dari pabrik dengan sesuai kemampuan untuk membuang panas yang ditentukan oleh performa engine. Sedangkan aliran udara yang diperoleh dari kipas atau fan digerakkan oleh vee belt atau fan motor.
0 komentar