Minyak bumi dan jenis sifat minyak bumi

Sifat-Sifat Fisika Minyak Bumi- Sama halnya dengan cairan lainya karena sifat fisika minyak bumi merupakan sifat rata- rata dari campuran senyawa hidrokarbon. Ton dan meter kubik merupakan ukuran yang digunakan di Indonesia dari kuantitas minyak bumi yang diukur berdasarkan volumenya.

Setara dengan 159 liter pada dunia perdagangan yang terutama dikuasai oleh Amerika dengan menggunakan satuan barrel (bbl), sehingga harus dapat membedakan antara reservoir barrel yang dikatakan minyak bumi dibawah tanah, dan satu Stok tank barrel asma dengan satu barrel reservoir yang disebabkan karena faktor penciutan kira- kira 5/8 stock. 

Terjadinya penciutan tersebut karena gas sebagai larutan selalu terkandung pada minyak mentah. Sedangkan 1 meter kubik atau yang pada umumya disebut dengan kilo liter (kl), karena perlu dijelaskan bahwa ton untuk minyak bumi adalah kubik merupakan satuan berat.

Berat Jenis (Specific Gravity)

Specific grafity atau berat jenis mempunyai nilai dalam perdagangan dari kualitas minyak bumi. Di Indonesia pada umumya adalah fraksi merupakan pernyataan dari berat jenis, contoh : 0.8 : 0.9 dan masih banyak lagi. 

Minyak bumi akan semakin berharga apabila API graviti dari minyak bumi sering menunjukan kualitas minyak bumi tersebut juga makin tinggi derajat API nya dan semakin kecil berat jenisnya, dengan begitu akan banyak mengandung fraksi ringan.

Sebaliknya apabila terjadi makin besar berat jenis dan semakin rendah derajat API nya, maka mutu minyak bumi tersebut lebih banyak mengandung lilin (reshidu asphalt) dan mutu minyak bumi tersebut kurang baik. Sitsem Carcking dalam pengolahan telah banyak diterapkan sekarang ini juga dari minyak bumi yang berat digunakan untuk fraksi bensin dengan melalui sistem tersebut.

Berikut ini contoh perbandingan antara skala dengan menggunakan berat jenis dengan derajat API, contoh : Berat jenis air ini sama dengan satu dan sesuai dengan 10 derajat API. Berat jenis 0,8750 sama dengan 30,2 derajat API, sedangkan berat jenis 0,8235 adalah 40,3 derajat API. Berat jenis 0,778 sama dengan 50,4 derajat API.

Berat jenis yang dimaksud disini adalah berat jenis dari keseluruhan minyak mentah, atau semua fraksi. Sedangkan berat jenis minyak bumi tergantung pada temperatur, karena lebih tinggi temperatur akan makin rendah berat jenis.

Viscositas (Viscosity)
Viskositas adalah daya hambatan yang dilakukan oleh cairan apabila benda berputar dalam cairan tersebut, dan satuan viskositas adalah sentipoise. Sedangkan viskositas merupakan kualitas lain dari minyak bumi. Suatu pipa kapiler diperlukan untuk suatu minyak bumi untuk mengalir, karena viskositas dinyatakan dalam waktu dan viskositas dikenal dalam viskositas kinematik.

Titik Nyala (Flash Point)
Terjadinya pembakaran sesaat pada temperatur rendah minyak bumi cukup uap untuk menyambar suatu percikan api. Flash point juga mudah terbakar oleh percikan api, karena semakin tinggi gravity API nya titik didih makin rendah. Dengan demikian, makin rendah rendah makin mudah terbakar dan mengurangi terbakarnya minyak bumi dari makin tinggi flash point.

Warna
Minyak bumi tidak selalu berwarna hitam, karena minyak bumi juga memperlihatkan berbagai macam warna yang berbeda, dan ada yang tidak berwarna sama sekali. Berat jenis minyak bumi juga berhubungan dengan warna, apabila minyak bumi berwarna hijau kehitam- hitaman serta jenisnya tinggi, dan berat jenis rendah jika minyak bumi berwarna coklat kehitam- hitaman. Warna tersebut karena adanya kotoran seperti oksidasi senyawa hidrokarbon yang notabene hidrokarbon tidak memperlihatkan warna tertentu.

Fluoresensi
Pada sifat fluoresensi minyak bumi ini apabila terkena sinar matahari akan berwarna lain seperti kuning dan keemas- emasan yang disebabkan ketika minyak bumi terdapat pada kepingan batuan atau lumpur pemboran akan memunculkan fluoresensi kuat, dan mudah dideteksi dengan melalui lampu ultra violet.

Minyak bumi berwarna hitam serta bercampur dengan minyak pelumas pemboran dan sulit untuk membedakan. Minyak mentah menunjukan fluoresensi sedangkan minyak pelumas lumpur tidak menunjukan fluoresensi, sehingga diperlukan sinar ultra violet dalam meneliti serbuk pemboran dengan penanda warna fluoresensi pada lumpur.

Indeks Refraksi

indeks refraksi minyak bumi dari 1.3 hingga 1.4, berat jenis refraksi tergantung dari derjat APU nya karena makin tinggi berat jenis / makin rendah derajat API akan tinggi pula refraksinya.

Bau
Minyak bumi berbau sedap yang dikarenakan pengaruh molekul aromat, sedangkan minyak bumi berbau sedap disebabkan mengandung senyawa nitrogen/ belerang, sedangkan golongan parafin dan naphthen memberikan bau sedap.

Nilai kalori
Satu gram minyak bumi menimbulkan nilai kalori minyak, minyak seperti meningkatkan temperatur satu gram air dari 3.5 derajat celcius sampai 4.5 derajat celcius salah satu contohnya adalah kalori. Minyak bumi pada umumya 10.000 sampai 10.800 dan batu bara memiliki nilai kalori sebesar 5.650 hingga 8.200 kalori per gram.

Baca juga :
BBM : Pengolahan Minyak bumi Dan gas bumi
Minyak bumi dan jenis sifat minyak bumi

0 komentar