"Engine " Rancangan dan klasifikasi mesin diesel

"Engine " Rancangan dan klasifikasi mesin diesel (Mesin diesel)- merupakan salah satu tipe mesin yang mendominasi dalam penggunaan yang juga sebagai pesawat penggerak pada saat peralatan digunakan dalam bidang transportasi dan merupakan tipe sistem pembakaran. Selain sebagai transportasi juga digunakan untuk pembangkit yang terdapat pada industri yang merupakan sebagai usaha untuk peningkatan efisiensi serta efektifitas kerja, sehingga menghasilkan produktivitas yang tinggi.

Untuk penggerak utama  atau "prime power" dari fungsi terminologi engine yang terdapat pada alat berat tersebut. Secara fungsi sama walaupun terdapat spesifikasi khusus yang terdapat pada setiap mesin alat berat dari berbagai merk alat berat yang terdapat di pasar.

Kondisi alat yang dipergunakan dari waktu kewaktu selalu berkembang dengan usaha mereka untuk meningkatkan usaha kemampuan engine ke level yang tinggi. Para produsen alat berat mengembangkan engine yang dipergunakan menggunakan teknologi elektronik yang berfungsi untuk mengontrol sistem kerja. 

Sedangkan menghasilkan kemampuan engine meningkat serta menurunya emisi gas buang, hal tersebut terjadi di negara maju dengan standar gas buang yang harus diikuti oleh produsen alat berat.

Seiring dengan teknologi serta seiring perkembangan engine dari sejak ditemukan dan dirancang maka engine juga dapat diklasifikasikan seperti bagan berikut :

"Engine " Rancangan dan klasifikasi mesin diesel

Berdasarkan dari bagan tersebut maka penggolongan yang pertama dapat dilakukan adalah dengan cara membagi engine dari tempat terjadinya perubahan energi menjadi energi gerak pada proses pembakaran, berikut ini dua kategori engine, antara lain engine dengan jenis internal combustion dan engine eksternal combustion.

Combustion engine

Pada eksternal combustion engine dapat dibagi menjadi dua yaitu turbin dan piston, untuk engine internal combustion engine terdiri engine piston, turbine dan wankel atau rotary. Sedangkan untuk engine terbagi menjadi dua jenis yaitu : engine diesel dan engine spark ignited, sehingga dari banyaknya langkah yang diperlukan untuk mendapat satu langkah power menghasilkan diesel engine dibagi menjadi engine diesel atau "two stroke" dan empat langkah "four stroke". 

Engine diesel empat langkah

Untuk selanjutnya engine diesel empat langkah dapat digolongkan untuk memasukan bahan bakar ke dalam ruang bakar yang dibagi menjadi dua tipe, yaitu engine dengan sistem pre-combustion chamber dan direct injection. Untuk spark ignited engine pada penggolongan pertama didasarkan pada jenis bahan bakar yang digunakan yaitu : engine bahan bakar gas dan bensin. 

Baca juga :

0 komentar