Sistem dan prinsip bahan bakar "engine diesel" Mechanical actuated Unit Injector

Fuel return line
Penggabungan sistem bahan bakar pada engine diesel pada umumnya dilakukan dengan fule return line, karena juga terdapat kelebihan pada bahan bakar yang disalurkan melalui fule transfer pump apabila dibanding dengan yang digunakan engine. Selain itu, return line juga berfungsi untuk mengalirkan dari kelebihan bahan bakar yang kembali menuju tank. Pendinginan dan pelumasan pada komponen fule injection pump disebabkan karena kelebihan bahan bakar yang secara terus- menerus.

Sistem dan prinsip bahan bakar "engine diesel" Mechanical actuated Unit Injector

Pada ujung manifold dipasang  orifice bleed valve, fuel manifold berfungsi mengalirkan bahan bakar yang menuju orifice bleed valve, dari 10 gallon atau 40 liter fuel perjam juga seluruh udara pada sistem dikembalikan menuju supply tank melalui valve yang berfungsi membantu serta menurunkan temperatur bahan bakar juga menghilangkan air bubble dan mengurangi horsepower.

Sedangkan fuelshut off dari setiap bahan bakar menggunakan metode eletronic atau manual yang berfungsi untuk memutuskan dari pasokan bahan bakar.

Sistem bahan bakar Mechanical actuated unit injector 

Caterpillar telah memproduksi engin diesel dengan melalui proses pembakaran yang lebih sempurna di dalam silinder, hal tersebut karena adanya peningkatan standar customer terhadap engine diesel melalui performa serta standard emisi gas buang yang lebih berkualitas. Dengan cara meningkatkan tekanan penginjeksian bahan bakar merupakan salah satu cara yang dilakukan.

Sistem bahan bakar yang menggunakan pompa serta saluran bertekanan tinggi atau "pump & line fuel sistem" dengan jumlah terbatas untuk dapat dilakukan yang disebabkan sistem ini menggunakan saluran dengan tekanan tinggi yang merupakan peningkatan penginjeksian bahan bakar pada sistem bahan bakar.

Dengan begitu Caterpillar telah menciptakan Mechanical actuated Unit Injector yang tidak menggunakan saluran dengan bertekanan tinggi, sehingga sistem bahan bakar Mechanical actuated Unit Injector memberikan peningkatan performa dan emisi.

Pada engine kecil seperti 3116/3126 dan engine besar seperti seri 3500 dan seri 3600 yang digunakan Caterpillar pada mechanical unit injector. Berikut ini keunggulan bahan bakar Mechanical actuated unit injector, antara lain :
  • Tidak menggunakan saluran tekanan tinggi, sehingga injection pressure ditingkatkan mencapai 23.000 psi dan Pump & line fuel sistem 17.000 psi.
  • Konstruksi yang lebih sederhana karena Fuel injection pump dan injector tergabung dalam satu unit masing- masing silinder.
Selain itu juga terdapat keterbatasan dari keunggulanya, antara lain :
  • Tidak terdapat timing advance untuk kontrol waktu "injection timing".
  • Bahan bakar yang disemprotkan dikontrol oleh hydra mechanical governor.

Prinsip Kerja Mechanical actuated Unit Injector 

Kombinasi antara Nozzle dengan fuel injection pump. Bahan bakar dari duel filter mengalir ke saluran yang berada pada cylinder head, sedangkan saluran ini menghubungkan masing- masing gallery serta menyediakan aliran bahan bakar pada setiap unit injector.

Sistem dan prinsip bahan bakar "engine diesel" Mechanical actuated Unit Injector

(1) Fuel transfer pump 
(2) Melalui primary screen
(3) mengirim ke Spin On Secondaryfuel filter
(4) Melalui pressure regulating valve
(5) Mengalir kembali ketangki

Selanjutnya bahan bakar yang tidak terpakai pada cylinder head kembali mengalir ke tangki, pressure regulating valve berfungsi untuk mempertahankan pressure tertentu yang terdapat didalam fuel gallery serta menjaga agar fuel gallery terisi bahan bakar saat engine mati. Sedangkan pengontrolan jumlah bahan bakar diatur oleh mechanical governor melalui mekanisme linkage untuk terhubung ke injector.

Unit Injector
Mechanical actuated Unit Injector merupakan jenis sistem penyemprotan bahan bakar engine, dan nozzle tergabung jadi satu sebagai injector assembly untuk setiap cylinder dan seluruh saluran bertekanan tinggi dihilangkan. Saluran suplai yang berupa bahan bakar menuju cylinder head, fuel filter dan fuel transfer pump. Sedangkan didalam cylinder head bahan bakar disuplai ke setiap injector.

Fuel rack terdapat pada setiap unit injector yang diatur oleh governor dengan melalui control shaft untuk menggerakkan semua unit injector dengan secara simultan. Clamp penahan disisi injector terdapat sambungan besar yang pergerakanya mengatur putaran helix pada scrol pada plunger yang menentukan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam cylinder.

Sistem dan prinsip bahan bakar "engine diesel" Mechanical actuated Unit Injector

Unit injector terdiri dari scroll-type high pressure plunger dan injector nozzle, sednagkan langkah efektif plunger diatur oleh posisi scroll yang digerakan oleh rack serta governor selama bahan bakar bertekanan tinggi.

Terdapat pengecualian pada pompa bertekanan tinggi yang terpisah dan secar individual diletakan disetiap ruang pembakaran dan saluran tinggi ditiadakan, cam lobe serta gerakan rocker arm menentukan langkah plunger. Sedangkan posisi scroll menentukan langkah piston.

Untuk mengubah posisi scroll plunger berputar pada sumbunya dan memperpanjang serta memperpendek langkah efektif "efective stroke", dan penyemprotan terjadi ketika kedua port tertutup. Selain itu, bahan bakar akan membuka check valve ketika tekanan turun yang disebabkan adanya tekanan bahan bakar. Sedangkan bahan bakar yang megelilingi injector dan o- ring atas hingga seal ring pada bagian bawah nozzle cone.

baca juga :
Komponen Pump dan line
Fungsi oil engine diesel modern

0 komentar