Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle) - engine diesel

Final filter- merupakan bahan bakar yang terdapat didalam transfer pump dan dipompakan masuk kedalam filter kedua atau terakhir. Penyumbatan injector dapat terjadi yang disebabkan karena kotoran yang halus yang terdapat didalam bahan bakar, sehingga diperlukan saringan bahan bakar bila dibiarkan tanpa penyaringan karena adanya partikel kotoran dapat menyebabkan kerusakan nozzle.

Injection dan pump housing merupakan filter terakhir yang terletak atau terpasang diantara kedua tersebut, untuk bypass valve pad filter bahan bakar tidak memiliki, sehingga apabila filter bentuk akan berakibat aliran dan bahan bakar berhenti juga engine akan mati, hal tersebut berfungsi untuk melindungi engine dari bahan bakar yang kotor serta kerusakan komponen penting pada sistem.

Priming pump
Pada umumya fileter bahan bakar terakhir terpasang bersamaan dengan priming pump yang terdapat pada base-nya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan priming pump yang berfungsi untuk memperlancar pengisian bahan bakar serta juga untuk membuang udara atau "bleeeding" jika selesai melepas pump housing. Untuk memperlancar pengisian bahan bakar pada sistem setelah penggantian filter yaitu dengan menggunakan pompa ini.

Fuel injection pump group engine 3406

Sebelum masuk atau mengalir ke dalam saluran dalam fuel injection pump housing terlebih dahulu bahan bakar keluar dari fuel filter. Sedangkan pada injection pump housing bahan bakar akan diberi tekanan serta diatur jumlah dan disemprotkan ke ruang bakar.

Injection pump housing pada umumnya terletak pada bagian depan engine, sedangkan pompa digerakkan oleh roda gigi dari camshaft, seperti Timing advance unit, mechanical governor, fuel ratio control dipasang pada rumah pompa. 

Sistem bahan bakar akan dapat memberikan bahan bakar yang bersih pada saat tepat juga jumlah yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan horsepower yang diperlukan. Sedangkan komponen sistem bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan horsepower dengan mengubah/ mengatur jumlah bahan bakar atau "fuel delivery" serta waktu tepat untuk diinjeksikan atau "injection timing".

Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle )- motor diesel

Jumlah horse dan torque yang diperlukan berhubungan langsung dengan jumlah bahan bakar yang terdapat di dalam engine, dan secara umum bertambah banyak bahan bakar yang diterima oleh engine dan bertambah torque yang tersedia pada flywheel.

Camshaft Injection Pump

Terdapat beberapa perubahan serta perbaikan yang terdapat pada engine bagian dalam yang tidak terlihat, dari gambar yang ada yang lebih besar dan lebih berat digerakkan oleh gear diujung sebelah kiri. Konfigurasi yang berbeda "cam" pada engine 3406B dengan memiliki karakter yang lebih cepat mengangkat dengan durasi pendek. Sedangkan pada bagian eksentris pada camshaft berfungsi untuk menggerakkan fuel transfer pump berbentuk piston, dan perubahan emisi telah diubah tahun 1988 nose pada camshaft.

Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle )- motor diesel

Selain itu juga Helix 10 derajat pada bagian depan terjadi perubahan menjadi 15 derajat serta lubang bagian depan diperbesar yang berfungsi untuk mengakomodasi timing advance unit yang berbeda, perubahan emisi pada tahun 1991 merupakan perubahan diameter serta bentuk lobe-nya.

Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle )- motor diesel

High Pressure Fuel Line
Pada sistem saluran yang menggunakan pompa serta pipa saluran bahan bakar pada pipa baja dengan tekanan tinggi menghubungkan injection pump ke nozzle, pipa baja tersebut merupakan saluran bahan bakar. Sedangkan bagian dari sistem bahan bakar terdiri dari : 1. pipa saluran bertekanan tinggi yang memiliki persamaan panjang untuk menghindari timing injection. 2. nozzle.

Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle )- motor diesel

Nozzle 
Bahan bakar mengalir melalui pipa bahan bakar bertekanan tinggi terus ke nozzle yang terpasang didalam kepala silinder "cylinder head". Nozzle memiliki valve yang dapat terbuka apabila tekanan bahan bakar tinggi, Dan valve akan terbuka yang menyebabkan bahan bakar mengabut dan disemprotkan ke ruang pembakaran, yang pada akhir penyemprotan terjadi penurunan tekanan yang cepat dan membuat valve menutup.

Aliran bahan bakar (final filter, priming pump, fuel injection, chamshaft injection pump, high pressure fule line & nozzle )- motor diesel

Baca juga :

0 komentar