Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar - engine diesel

Aliran bahan bakar- Untuk skematik pada gambar proses aliran bahan bakar yang terdapat pada pump dan line fuel sistem, berikut ini fungsi dari masing- masing yang tekah diberi angka :
  1. Fuel transfer pump menghisap bahan bakar dari Tangki 
  2. Menuju primary fuel filter
  3. Primary fuel filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang berukuran besar pada bahan bakar, selain itu terdapat juga arrangement engine yang menggunakan primary fuel filter jenis water separator yang berfungsi seperti primary fuel filter dan memisahkan air. Selanjutnya adalah Bahan bakar mengalir menuju fuel transfer pump.
  4. selanjutnya ke hand priming pump
  5. final fuel filter
Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar


Bahan bakar yang dialirkan oleh Bleed valve berbentuk orifice ke tangki ini berfungsi untuk membuang udara serta panas di fuel manifold ke tangki. Selain itu, sistem tersebut juga manual blees valve yang pada saat priming pump dapat dibuka yang berfungsi untuk membuang udara pada sistem bahan bakar "final fuel filter" sedangkan untuk bahan bakar yang rendah diteliti dan disaring yang kemudian mengalir ke fuel manifold atau "gallery" pada "fuel injection pump housing", dan untuk selanjutnya bahan bakar didalam "fuel manifold" kedalam rongga pompa tekanan tinggi (plunger dan barrel).

Pengaturan jumlah bahan bakar diatur oleh pompa tekanan tinggi yang dipompakan menuju "high pressure fule line" dan menuju ke "injection nozzle" tekanan yang sangat tinggi. Pembukaan nozzle ini dilakukan pada saat tekanan bahan bakar pada high pressure fuel line, sedangkan bahan bakar diinjeksikkan ke dalam ruang pembakaran.

Penyebab bahan bakar mengabut dan menghasilkan pembakaran yang sempurna tersebut disebabkan kombinasi antar tekanan yang tinggi serta lubang penginjeksian di "nozzle". Sedangkan tutup tangki bahan bakar normalnya terdapat saluran yang terhubung ke udara keluar, dan terjadinya sistem bahan bakar tidak sempurna apabila saluran tersebut tersumbat atau menyebabkan vakum.

Tangki Bahan bakar
Tangki bahan bakar dapat diartikan sebuah tempat yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar serta untuk mengendapkan kotoran dan pendinginan bahan bakar. Untuk tangki bahan bakar juga tersedia dalam bermacam ukuran. Dan penempatan tangki berbeda- beda yang disesuaikan dengan pemakaianya.

Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar

Primary fuel filter
Untuk menghisap bahan bakar dari tangki diperlukan fule transfer pump melalui primary fuel filter yang juga berfungsi untuk membersihkan bahan bakar dengan cara menyaring kotoran

Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar

Water Separator
Merupakan bahan bakar yang terdapat pemisah air atau disebut dengan "water separator" Yang akan dapat dikeluarkan apabila terjadi pengembunan atau air yang terdapat pada sistem. Selain itu, air yang terdapat didalam bahan bakar akan dapat menimbulkan kerusakan pada engine.

Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar

Fuel Transfer Pump
Berdasarkan proses kerja dari primary fuel filter, bahan bakar dapat mengalir ke transfer pump dan transfer pump menyedot bahan bakar pada bagian hisap dengan tekanan rendah dari sistem bahan bakar.

Selanjutnya adalah ketika starter motor berputar juga ketika engine hidup fuel transfer pump memberikan bahan bakar, dan fuel transfer pump yang terletak dibawah pump housing yang terdapat pada engine 3406 B/c. Sedangkan komponen tersebut digerakkan oleh bagian eksentrik camshaft pada housing dengan menyalurkan rata- rata 200 liter atau 44 galon fuel per jam yang terjadi pada tekanan sebesar 172 KPa atau 25 psi pada engine tertentu.

Komponen Pump dan line, Fungsi pompa dan penyalur bahan bakar

Fuel transfer pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar yang terdapat di tank dengan melalui primary fuel filter yang mengalir melalui "low pressure line" yang terdapat pada sistem bahan bakar. Sedangkan untuk kegunaan dari fuel transfer pump dapat digunakan untuk menjaga pasokan bahan bakar yang cukup serta bersih kedalam injection pump.

0 komentar