Engine diesel Caterpillar Dan sistem bahan bakar

Engine diesel Caterpillar Dan Sistem bahan bakar- Pada motor diesel yang dihisap hanya udara saja, sedangkan isi selalu dalam keadaan maksimum. Untuk putaran mesin serta gaya mesin hanya diregulasi dengan melalui volume bahan bakar yang diinjeksi.
Engine diesel Caterpillar Dan sistem bahan bakar

Sedangkan pada pengatur putaran biasanya diregulasi putaran idle dan putaran maskimum. Seperti putan "govenor" yang bekerja tergantung dari putaran mesin atau yang disebut dengan "Governor sentrifugal" atau Governor mekanis, dan sedangkan yang bekerja berdasarkan kevakuman dinamakan dengan Governor vakum atau Governor pneomatic.

Pada alat berat mesin diesel menjadi penggerak mula yang digunakan, hal tersebut juga sangat berhubungan erat dengan kesiapan juga suplai sistem bahan bakar yang dikembangkan pada alat berat tersebut.

Tipe sistem Bahan Bakar Engine Diesel (Caterpillar)

Perubahan yang signifikan terhadap jenis fuel sistem yang digunakan oleh engine caterpillar disebabkan karena semakin ketatnya peraturan tentang emisi gas buang pada negara- negara maju juga tuntutan efektivitas serta penggunaan bahan bakar yang ekonomis didunia industri, sehingga menyebabkan terjadinya perubahan seperti yang telah disebutkan.

Caterpillar hingga saat ini fuel sistem yang terdiri dari empat prinsip dasar, yaitu :
  • Pump & Line
  • Mechanical Unit injector (MUI)
  • Mechanical actuated Electronic controlled Unit Injector (EUI)
  • Hydraulically actuated Electronic controlled Unit Injector (HEUI) 

Konsep dasar perkembangan sistem bahan bakar menuju era elektronik "pump anda line fuel sistem", hal tersebut banyak dijumpai dewasa ini yang terdiri dari :
  • Sleeve Metering Fuel Injection Pump
  • Scrool Type Fuel Injection Pump
  • New Scroll Type Fuel Injection Pump
  • Programmable Electronic Engine Control ( PEEC )

Sistem Bahan bakar Pump & Line (Engine Caterpillar 3406B)

Pada tahun 1973 Engine Caterpillar 3406A telah diperkenalkan dan sejumlah perubahan telah dibuat yang berfungsi untuk memenuhi tuntutan akan engine yang handal serta ekonomis yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah.

Pada tahun 1983 telah dikeluarkan engine dengan seri 3300 guna untuk memenuhi serta menjawab tuntutan para konsumen, untuk perubahan mendasar pada engine tersebut juga terletak pada sistem bahan bakar.

Pada tahun 1980 New scroll Fuel sistem telah diproduksi pada engine seri 3300, sistem bahan bakar merupakan sebuah faktor yang menjadi kunci pengendalian emisi, performa serta bahan bakar yang ekonomis pada engine 3406B.

Untuk selanjutnya adalah pada tahun 1991 sistem bahan bakar diubah dengan menggunakan fuel camshaft untuk mengembangkan emisi yang terkendali serta lebih agresif. Sedangkan juga telah diperkenalkan 3406C pada tahun 1992, pada engine tersebut tidak terdapat perubahan pada sistem bahan bakar mekanikalnya.

Komponen – komponen Pump & line
Engine diesel Caterpillar Dan sistem bahan bakar

Pompa dan penyalur bahan bakar terdiri dari:
1. Fuel tank (Tangki bahan bakar)
2. Primary fuel filter (saringan bahan bakar)
3. Transfer pump (pompa bahan bakar)
4. Hand priming pump
5. Final fuel filter
6. Low pressure fuel line
7. Injection pump (pompa injeksi)
8. Governor
9. Fuel ratio control
10. Timing advance mechanism
11. High pressure fuel line
12. Nozzle
13. Fuel return line

Demikian ini untuk info Sistem bahan bakar, Tipe Sistem Bahan Bakar Engine Diesel (Caterpillar), Sistem Bahan bakar Pump & Line (Engine Caterpillar 3406B) dan Komponen – komponen Pump & line dengan berbagai kegunaan dalam mesin engine diesel untuk hasil yang lebih berkualitas dan ekonomis melalui dukungan perubahan pada sistem bahan bakar.

Baca juga :
"Engine " Rancangan dan klasifikasi mesin diesel
Sistem pembakaran pada mesin diesel

1 komentar: