Sistem pembakaran dan kondisi operasi diesel engine

Kondisi Operasi diesel engine- Sebuah sistem pengaturan yang memberikan bahan bakar serta dalam jumlah banyak atau sedikit merupakan langkah untuk menghasilkan rpm yang dibutuhkan, Governor menentukan rpm engine yang tepat yang digunakan untuk beban yang diberikan.

Mekanisme timing advance akan merasakan peningkatan atau penurunan rpm serta mengatur siklus injeksi bahan bakar untuk dapat memulai window dengan melalui rancangan yang efisien. Sedangkan pada burn window menggunakan pada derajat rotasi crankshaft yang tepat. Terdapat berbagai macam kondisi operasi engine diesel didiskusikan serta dijelaskan dengan menggunakan kurva yang disebut dengan kurva horsepower.

Low idle : merupakan kecepatan terendah engine tanpa beban
High idle : merupakan engine dengan rpm tertinggi tanpa beban

Rated speed
Full load yang terdapat pada rated, pada semua engine diesel diberikan kecepatan atau yang disebut dengan full load. ini adalah merupakan dimana engine beroperasi dengan melalui beban penuh.

Overspeed
Pada engine yang beroperasi sedemikian rupa, sehingga rpm dipaksa untuk melebihi rpm high idle yang pada situasi tertentu dapat menyebabkan kerusakan total yang terdapat pada engine.

Lug
Engine dengan dukungan rancangan untuk dibebani melebihi dari kondisi beban penuh. Sedangkan governor atau juga disebut dengan electronic control module (ECM) berfungsi untuk memberikan bahan bakar maksimum, sehingga beban yang diterima oleh engine sangat tinggi dan mampu untuk dapat menurunkan kecepatan engine.

Selain itu, pada kondisi tersebut tidak terdapat lagi penambahan bahan bakar dan governor tidak mampu lagi untuk menghasilkan bahan bakar yang dibutuhkan, dan kondisi tersebut dikenal dengan istilah lug.

Ruang bakar: Jenis- jenis ruang injeksi langsung

Sistem pembakaran dan kondisi operasi diesel engine
Keterangan gambar :
1. Multi-spherical.
2. Hemispherical.
3. Spherical

Keuntungan :
  • Effisiensi panas tinggi (tidak memerlukan glow plug).
  • Konstruksi cylinder head sederhana.
  • Karena kerugian panas kecil, perbandingan kompresi dapat diturunkan.
Kerugian : 
  • Pompa injeksi harus menghasilkan tekanan yang tinggi.
  • Kecepatan maksimum lebih rendah.
  • Suara lebih besar (berisik).
  • Bahan bakar harus bermutu tinggi
Tipe injeksi tidak langsung (Indirect Injection)
Bahan bakar yang telah disemprotkan oleh injection nozzle ke pre- combution chamber, dari sebagian akar terbakar ditempat sedangkan sisanya yang tidak terbakar akan dibakar habis di ruang bakar utama (main chamber).
Sistem pembakaran dan kondisi operasi diesel engine

Untuk tipe yang digunakan ruang bakar pada injeksi tidak langsung umumnya adalah :

Keuntungan :
  • Pemakaian bahan; bakar lebih luas;
  • Detonasi dapat dikurangi karena menggunakan injektor tipe throttle 
  • Engine tidak terlalu peka terhadap perubahan timing injeksi.
Kerugian:
  • Cylinder head rumit dan biaya pembuatan mahal;
  • Memerlukan glow plug dan ;
  • Pemakaian bahan bakar lebih boros.
Swirl Chamber Type
Kamar pusar tersebut memiliki bentuk spherical dan udara yang dikompresikan piston dapat memasuki kamar pusar sehingga membentuk aliran yang disebut dengan trubunlensi. Fungsi main combustion chamber ini akan membakar habis dari sisa sebagian bahan bakar yang tidak terbakar. 
Sistem pembakaran dan kondisi operasi diesel engine
Keuntungan : 
  • Kecepatan engine tinggi;
  • Gangguan pada nozzle (tipe pin) lebih kecil dan ;
  • Operasi engine lebih halus.
Kerugian:
  • Konstruksi cylinder head rumit;
  • Effisiensi panas rendah;
  • Menggunakan glow plug dan ;
  • Detonasi lebih mudah terjadi.
Sistem pembakaran dan kondisi operasi diesel engine

Agar proses pembakaran dapat berlangsung secara cepat diperlukan perpusaran yang diperoleh dari bentuk ruang bakar, hal tersebut merupakan penyebaran pembakaran pada motor diesel.

Baca juga : Pembentukan Campuran motor diesel dan bensin

0 komentar