Cylinder head dan komponen (katup- katup, bahan katup, katup masuk dan katup buang)

Cylinder head memiliki kekuatan yang tinggi dengan dirancang menggunakan struktur yang memiliki kekuatan serta kekakuan, sedangkan untuk memastikan daya tahanya yang merupakan pengujian deep thermal cycle shock untuk pengujian dari cylinder head, sehingga akan menghasilkan Cylinder head yang memiliki ketahanan serta kualitas yang baik dan mengurangi timbulnya retak.

Cylinder head dan komponen (katup- katup, bahan katup, katup masuk dan katup buang)
Sedangkan Spacer plate yang terbuat dari alumunium atau baja dapat digunakan untuk cylinder head dan block yang berfungsi untuk mengurangi kedalaman counterbore pada cylinder block. Selain itu, integritas struktur yang terdapat pada block serta mudah retak disebabkan oleh counterbore yang dalam. Counter bore pada model lama sangat diperlukan untuk menyesuaikan serta menyangga flange pada liner.

Berikut ini Cylinder head assembly yang terdiri dari :
  • Cylinder Head
Merupakan cor-an yang berfungsi untuk dapat menyekat yang terdapat pada bagian atas engine block dan terpisah serta terdapat valve, injector atau pre- combustion chamber, saluran air, valve train serta komponen dari sistem bahan bakar.

Gambar kepala silinder 

Cylinder head dan komponen (katup- katup, bahan katup, katup masuk dan katup buang)
Cylinder head dapat berupa single casting atau cor-an tunggal atau yang terdiri dari beberapa cor-an yang berfungsi menutup satu cylinder atau lebih, yang diantaranya adalah 1. cylinder head, 2. engine block terpasang gasket, 3. spacer plate.
  • Valve Cover
Valve cover terpasang pada valve cover base yang terikat pada bagian atas cylinder head, sedangkan dari beberapa engine memiliki lebih dari satu cover, dan komponen valve train terdapat dibawah valve cover.

Katup-Katup
Katup berfungsi untuk mengalirkan campuran udara serta bahan bakar masuk ke ruang bakar dan asap pembakaran akan keluar dari ruang bakar melalui katup buang setelah terjadi pembakaran. Pada katup- katup ini berfungsi sebagai penutup dan untuk menghindari kebocoran gas ketika pada langkah kompresi serta langkah usaha. Pada umumnya engine 4 langkah memiliki 2 katup dari setiap silinder, akan tetapi dari perkembanganya terdapat beberapa engine yang memiliki 4 atau 5 katup dari setiap silinder. 

Bahan katup
Katup tipe poppet memiliki dua bagian yaitu kepala dan batang.

Gambar tipe katup poppet 


Cylinder head dan komponen (katup- katup, bahan katup, katup masuk dan katup buang)
Katup Masuk
Nickel merupakan bahan yang digunakan untuk membuat katup masuk, bahan ini memiliki pemuaian yang rendah yang digunakan untuk katup sebagai penghantar panas dan tahan terhadap keausan serta baik terhadap benturan.

Katup buang lebih terterpa panas yang lebih besar dibandingkan dengan katup masuk, sehingga bahan yang digunakan untuk katup berbeda antara katup buang dengan katup masuk, dan diameter dari kedua katup tersebutpun juga terdapat perbedaan.

Katup Buang
Bahan untuk membuat katup buang pada umumnya terbuat dari paduan chrome silicon dari 8 % chromium dan 3% silicon, sedangkan kwalitas katup yang tinggi untuk terpenuhi. Bahn untuk membuat katup ini menggunakan baja yang mengandung silicon serta nickel dan chromium hingga mencapai diatas 20%. Katup ini tidak aktif terhadap magnet dan termasuk dapat diidentifikasi dengan magnet.

Katup yang di isi dengan sodium
Berfungsi untuk meningkatkan panas dari kepala katup. Pada saat cylinder head mengalami panas meningkat maka panas tersebut dialirkan ke batang katup, dan panas yang dialirkan ke sodium yang meleleh sekitar 90 derajat celicius dan akan secara mendatar akan menyemburkan panas mengalir ke penghantar katup dan diserap oleh pendingin.

Katup yang diisi dengan sodium diidentifikasi dari ukuran batang katupnya, untuk batang katup sodium lebih besar dari katup konvensional. Sedangkan untuk sodium secara substansi akan mudah menguap atau berubah dan harus dirawat untuk menghindari kerusakan.

Artikel terkait :
Pemeriksaan keretakan dan metode untuk mendeteksi keretakan ruang bakar
Membersihkan cylinder head

0 komentar