Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup

Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup - Sebelum membahas tentang katup dan sudut dudukan perlu untuk melanjutkan artikel yang telah artikel ini merupakan lanjutan dari artikel, silahkan baca Cylinder head dan komponen dan sebelum melakukan perbaikan pada katup, maka perlu untuk membersihkan katup, dan katup tidak dapat dipakai lagi apabila :
  • Keausan batang katup sudah melebihi spesifikasi pabrik
  • Ketebalan margin sudah melebihi spesifikasi pabrik
  • Keausan pada alur pengunci ataukejung batang katup yang rusak
  • Permukaan katup yang terbakar atau retak
  • Batang katup bengkok
  • Katup korosi ataupun erosi
  • Panjang katup tidak sesuai

Katup dan sudut dudukan

Terdapat dua sudut yang dapat digunakan yaitu 30 dan 45 derajat. Di negara England dan Eropa pada umumnya banyak menggunkan sudut 30 derajat, dan di negara Amerika serta Jepang menggunakan sudut 45 derajat.

Dari kedua tersebut memiliki keistimewaanya sendiri sendiri, terdapat beberapa perusahaan apabila sudut 45 derajt sangat baik untuk mencegah kebocoran dan sedangkan ujung lainya mengatakan kalau sudut 30 derajat sangat baik untuk eficiensy volumetric. Sedangkan untuk perpaduan dari beberapa perusahaan sudut 30 derajt dengan katup masuk dan 45 derajat untuk katup buang.

Desain Interferen sudut dudukan katup telah dikembangkan oleh industri otomotif, sudut permukaan katup dibuat dengan 0.5- 1 derajat lebih kecil dari sudut dudukan katup. Sedangakan keuntungan dari interferen sudut katup merupakan duduka katup akan kontak yang terdapat pada bagian tertentu pada saat engine dingin, dan pada tempeeratur kerja akan terjadi kontak secara keseluruhan apabila engine telah beroperasi. 

Kepala katup secara perlahan akan menjadi mendatar yang diakibatkan dari masaa logam kepala katup serta batang katup pada saat terjadi temperatur naik. Pada gambara tersebut memperlihatkan tipe katup serta susunan dudukan dan indentifikasi beberapa sudut katup.

Gambar Sudut Dudukan dan Permukaan Katup 
Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup
Gambar Tipe dan Sudut Katup 
Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup
Menggerinda katup
Gerinda khusu digunakan untuk menggerinda katup, sedangkan mesin gerinda khusus yang digunaka n untuk katup juga dapat dilihat pada gamabar. Sedangkan yang dapat diandalkan akurasionya dalam membentuk sudut katup sesuai dengan yang diinginkan.

Gambar Mesin gerinda katup
Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup

Gambar Membentuk Sudut Katup 
Katup dan sudut dudukan, menggerinda katup dan fungsi dudukan katup

Selain itu, mesin gerinda katup juga memiliki kepala putar yang berfungsi untuk distel sesuai yang dikehendaki dan pada kepala putar juga dapat untuk dicengkram dari batang katup dan berputar secara berlawanan dengan roda gigi. Langkah yang digunakan sebelum menggerinda katup
perlu terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan terhadap mesin gerinda :
  • Kebebasan pengontrol operasi.
  • Batu gerinda telah di bentuk.
  • Kepala putar sudah ditempatkan pada sudut yang diinginkan.
  • Tip katup sudah kondisi baik untuk menjamin pemegangan pada kepala putar.
  • Pemberian pendingin selama menggerinda sudah dipersiapkan.
Setelah seluruh kotoran pada permukaan dibersihkan selanjutnya membentuk permukaan katup, dan setelah selesai dibentuk margin katup diukur kembali. Sedangkan apabila permukaan katup masih tebal setelah selesai pembentukan dan margin sudah diluar spesifikasi pabrik, maka katup perlu untuk diganti.

Dudukan Katup 

Fungsi dudukan katup, antara lain :
  • Menutup ruang silinder agar tidak terjadi kebocoran gas, saat katup masuk dan katup buang menutup.
  • Sebagai perantara penyaluran panas dari permukaan katup ke system pendinginan.
Hal tersebut dapat menyebabkan lebar dudukan katup menjadi suatu yang penting serta bersinggungan secara penuh terhadap katup dan 75 % panas katup terserap oleh dudukan katup yang selanjutnya untuk dialirkan ke sistem pendingin.

Artikel terkait :
Penghantar Katup "Cylinder head " penghantar katup yang Dapat Dilepas
Pemeriksaan keretakan dan metode untuk mendeteksi keretakan ruang bakar

0 komentar