Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head

Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head - Tipe dan Bahan Dudukan Katup terdapat dua tip dudukan katup yang terdiri dari :

Dudukan katup integral yang merupakan dudukan katup yang dapat dicetak bersama- sama melalui cylinder head. Selain itu pada bagian dudukan katup normalnya juga diperkeras dengan menggunakan proses treatmen panas yang berfungsi untuk pengerasan induksi.

Sedangkan cetakan besi tuang kelabu untuk pemakaian yang lebih lama tidak cukup pda formula standar. Sedangkan dudukan katup integral berfungsi untuk menghantar panas dengan baik dan menjadikan jangka waktu servis lebih meningkat serta umur pemakaian.

Dudukan katup sisipan berfungsi untuk dalam perbaikan pada cylinder apabila setelah dudukan katup integral rusak dan tidak dapat untuk diperbaiki.

Dudukan Katup Sisipan

stellite yang diperkeras merupakan bahan yang digunakan untuk pembuatan katup atau dudukan latup. Selain itu, cylinder head tidak akan cukup kuat apabila terbuat ari bahan alumunium dengan sistem kerja engine dengan tumbukan katup.

Selain itu, dudukan katup sisipan juga terbuat dari bahan lain untuk menyesuaikan kepala operasional enginen seperti bahan LPG serta bahan bakar tampa timbel.Kemampuan untuk mengahantar panas pada dudukan sisipan merupakan suatu kerugian, dan hal ini seperti halnya dudukan katup yang disisipkan terhadap cylinder head melalui adanya interferen, sehingga penyaluran panas yang tidak sebaik dudukan integral.

Sedangkan untuk dapat melapas dudukan katup sisipan dapat dilakukan dengan dua cara :
  • Dengan cara menempatkan dudukan cylinder head yang terdapat pada alat pemotong dari dudukan katup.
  • Perlu penyusutan dudukan sisipan sehingga dapat dilepas dengan cara memberikan panas disekeliling dudukan katup.
Cara pemasangan untuk cylinder head yang terbuat dari bahan alumunium serta dengan besi tuang kelabu memiliki perbedaan walaupun dudukan katup sisipan yang terpasang pada cylinder head dengan interferen. Dan perlu untuk dipanaskan hingga 200 derajat celcius- 300 derajat celcius untuk pemasangan dudukan katup sisipan cylinder head yang terbuat dari alumunium, dan dudukan akan siap dipasang setelah melalui pendinginan 20 menit- 30 menit.

Pekerjaan pemasangan harus dilakukan dengan cepat apabila cylinder head dalam kondisi panas dan dudukan katup sisipan dalam kondisi dingin dan selanjutnya pendinginan secara alami.

Gambar memasang dudukan katup
Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head
Untuk pemasangan dudukan katup sisipan diperlukan cylinder head yang terbuat dari bahan seperti besi tuang kelabu, dan dudukan katup sisipan dalam kondisi dingin. Hal tersebut sangatlah penting dan tidak diperbolehkan untuk memberikan pelumas terhadap dudukan apabila sebelum dipasang, karena hal tersebut akan menyebabkan pelumas akan menghambat dari penyaluran pnas dari dudukan ke sistem pendingin.

Memotong dudukan katup

mesin potong digunakan apabila memotong dudukan sehingga tidak terdapat coakan atau alur yang selnjutnya setelah dipotong diberikan tanda warna biru pada permukaan katup dan tempatkan katup pada penghantar dan permukaan katup terhubung dengan dudukan.

Kondisi kontak permukaan katup dengan dudukan katup perlu dipelajari secara hati- hati dan selnjutnya melepas katup. Posisi dudukan pada katup juga dapat distel dengan throating atau crowing dudukan katup apabila setelah hubungan katup telah diperiksa.

Penggerindaan katup pada umumnya dengan 3 sudut, dudukan 45 derajat biasanya crowned (Bagian atas dudukan katup diturunkan) ke 30 derajat dan biasanya throated (Pada bagian bawah dudukan katup dinaikan ) hingga ke 70 derajat. 

Gambar bagian bawah 
Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head
Gambar bagian atas
Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head
Gambar memotong dudukan 
Tipe, Bahan dan memotong dudukan katup ~ Cylinder Head
Apabila menentukan posisi dudukan diperlukan lebar dudukan katup dan sesuaikan dengan spesifikasi karena posisi dudukan sangat penting karena jika terlalu dekat margin akan menyebabkan overheat dan katup akan rusak.

Artikel terkait :
Cylinder head dan komponen
Penghantar Katup "Cylinder head " penghantar katup yang Dapat Dilepas

0 komentar