Pemotong dudukan "Neway cutters/ synchro seating kit" metode pemotongan

Pemotong dudukan "Neway cutters/ synchro seating kit" metode pemotongan - Alat yang digunakan untuk pekerjaan reklamasi engine dengan menggunakan alat seperti serdi serta peralatan besar lain, dan pada umumnya dengan menggunakan alat kecil yang lebih sederhana dan tepat. Berikut ini terdapat dua sistem yang umum digunakan yaitu Neway cutters atau synchro seating kit.

Neway cutters terdiri dari beberapa kepala dalam beberapa seri dengan menggunakan pemotong yang ditempatkan pada slot serta dipegang skrup. Dudukan katup yang berbeda- beda dapat disesuaikan dengan pemotong ini serta disesuaikan pada ukuran. Selain itu, kepala dari alat ini dibuat dengan tiga, empat dan lima sudut, karena pada dasarnya alat hanya disesuaikan dalam bebeapa ukuran serta dilengkapi dengan handle "T" yang berfungsi untuk memutar alat.

Gambar pemotong dudukan 

Pemotong dudukan "Neway cutters/ synchro seating kit" metode pemotongan
Sedangkan apabila memotong dudukan katup merupakan hal sangat penting seperti memilih batang pelurus yang tepat, sehingga meyakinkan antara penghantar serta dudukan katup dengan posisi yang tepat.

Metode :
  • Memiliki batang pelurus secara hati-hati, bersihkan penghantar dan masukan batang pelurus.
  • Tempatkan pemotong pada batang pelurus.
  • Memberikan tekanan ringan ke pemotong dan memutarnya searah jarum jam.
  • Setelah dudukan selesai dibersihkan, periksalah posisi dudukan pada katup.
  • Crown dan Throat dudukan untuk mendapatkan posisi dudukan yang dipersiapkan.
  • Memotong sudut dudukan secara perlahan dan periksalah posisi dudukan dan kontaknya.
  • Setelah semua selesai dikerjakan dengan tepat, maka bersihkanlah cylinder head dan lakukan pengujian kebocoran.

Synchro Seating
Apabila menggunakan Synchro Seating kit, memiliki persamaan metode penggunaan yang sama dengan metode yang digunakan di atas. Selain itu, perbedaan prakteknya adalah berfungsi untuk memotong dudukan dengan menggunakan batu gerinda dengan menggunakan pisau baja.

Gambar Synchro seating 

Pemotong dudukan "Neway cutters/ synchro seating kit" metode pemotongan
Agar permukaan gerinda selalu dalam kondisi baik perlu dilakukan dengan menggunakan alat pemotong ujung berlian, sehingga gerinda dudukan tersebut dapat dibuat, karena pada ujung berlian pemotong dapat digeser- geser sesuai dengan keinginan serta ukuran gerinda yang selalu lebih besar dari ukuran yang diinginkan.

Pegas Katup
Pegas katup ini berfungsi untuk menutup katup serta menjaga kestabilan kerja katup dan membuat lifter untuk selalu kontak secara tepat dengan camshaft. Selain itu, pegas katup juga merupakan tipe pegas helik yang kadang- kadang dipasang dengan seperti pegas lainya. Sedangkan pegas rangkap dua dapat juga digunakan untuk menghindari penggunaan pegas yang akan berakibat terjadinya kerusakan.

Dari beberapa pegas katup memiliki berupa lingkar lilitan yang lebih rapat dari salah satu ujungnya, dan pada pegas ini berfungsi untuk mengurangi sentakan, sehingga pegas dapat bekerja dengan potensial penuh. Selain itu, seperti pada pemasangan pegas ini yang terdapat pada bagian lingkar lilitan yang lebih rapat bila dibandingkan dengan cylinder head (bagian bawah).

Pengujian
Untuk dapt beroperasi dengan baik maka pegas katup perlu dilakukan pengujian, cylinder head yang direklamasi sangat dibutuhkan pada tegangan pegas seperti yang terdapat pada motor balap sebagai contohnya pada setiapa selaesai balap pada umumnya akan selalu diperiksa katupnya setelah selesai balap.

Dan apabila pegas katup sudah mulai lemah dibandingkan ke spesifikasi akan dapat menghasilkan sentakan katup atau katup akan menjadi rusak, dan pada umumnya dan juga akan berakibat merusak camshaft apabila pegas katup terlalu kuat. Berikut ini hal yang dilakukan dalam pengujian pegas antara lain :
  • Panjang bebas
  • Tekanan kerja
  • Kesikuan
Artikel Terkait :

0 komentar