Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head

Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head - Pengujian pegas katup diperlukan pengujian untuk memastikan dengan melakukan pemeriksaan terhadap pegas katup. Tinggi pegas katup yang terpasang atau tinggi pegas rendah.
  • Jangka sorong digunakan apabila memeriksa tinggi bebas pegas katup, dan selanjutnya catat tinggi bebas dari seluruh pegas katup yang digunakan untuk perbandingan dengan melalui spesifikasi pada pabruk untuk menentukan spesifikasi.
  • Selain itu, untuk mengukur tekanan kerja pada pegas perlu untuk dilakukan dengan menggunakan vlve spring tester. Sedangkan tekanan pegas dapt diperiksa dengan melalui pemberian tekanan pada valve spring tester.
Gambar Mengukur tekanan pegas katup 
Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head
  • Meja perata juga diperlukan untuk kesikuan pegas serta untuk mengukur kesikuan pegas katup yang ditempatkan diatas meja perata, sedangkan alat siku ditempatkan disekitar sisi pegas katup. Dari ketidak sikuan ditempatkan pada sekitar sisi pegas katup, dan tidak boleh melebihi 2 milimeter dari ketidak sikuan.
Gambar Mengukur kesikuan pegas katup 
Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head
Dari sesuai pemeriksaan yang dilakukan apabila terdapat pegas katup yang rusak, maka pegas katup harus diganti, dan dari beberapa pegas katup ada yang ditambahkan shim untuk mendapatkan tekanan yang diinginkan.

Memasang Kembali Cylinder Head

Pemasangan dilakukan setelah selesai diperiksa, direklamasi serta melepas komponen cylinder head. pengukuran diperlukan sebelum memasang cylinder head dan tinggi katup terpasang serta tinggi tempat pegas terpasang. Untuk ketinggian katup yang terpasang merupakan pengukuran yang penting dari sehubungan dengan dampak kerja rocker arm. 

Micrometer kedalaman dan jangka sorong dapat digunakan untuk pengukuran ketinggian batang katup yang terpasang dan tinggi tempat pegas juga diukur dengan jangka sorong, sedangkan dalam mengukur hal ini pasang katup yang terdapat pada dudukan serta penghantarnya.

Selain itu, retainer dan collet katup tumpu pegas terpasang, selanjutnya dilakukan pengukuran jarak antara dududkan pegas yang terdapat pada cylinder head hingga dasar retainer. Dan apabila tinggi tempat terpasangnya pegas terlalu besar makan dapat ditambahkan shim atau mendapatkan ketinggian tempat. 

Selanjutnya setelah melalui langkah tersebut cylinder siap akan dipasang, dan langkah pemasangan cylinder head dengan cara kebalikan dari cara melepas. Berikut ini langkah- langkah yang perlu di ingat, antara lain :
  • Cylinder head membutuhkan pembersihan. Setelah cylinder head selesai direklamasi, maka serbuk-serbuk besi atau kotoran lainnya sulit di lihat pada bidang-bifang  tersebut. Kotoran-kotoran ini akan menyebabkan dapat merusak kerja komponen.
  • Memberi pelumasan pada semua komponen selama melakukan pemasangan kembali.
  • Memakai oli seal katup yang baru.
  • Setelah komponen cylinder head selesai dipasang kembali, maka pukulah secara perlahan. dengan palu lunak, bagian atas pegas katup untuk menyakinkan bahwa katup dan   kelengkapannya telah terpasang dengan benar.
  • Menguji kebocoran katup.

Memasang Cylinder Head

  • Memastikan seperti permukaan blok, lubang baut cylinder telah dibersihkan dari kotoran atau  cairan serta kepala piston dalam kondisi bersih.
  • Untuk menghindari kerusakan katup untuk engine tipr OHC piston no.1 dalam posisi titik mati atas atau TMA.
  • Usahakan menggunakan gasket baru ketika memasang cylinder head dan memastikan gasket terpasang dengan benar. 
Gambar Memasang gasket 
Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head
  • Selanjutnya lakukan dengan hati-hati ketika menempatkan cylinder head diatas gasket yang terdapat pada permukaan silinder.
  • Seperti tanda timing, pasangan roda gigi juga mengencangkan baut cylinder head sesuaikan dengan spesifikasi pabrik serta lumasi dan pasang camshaft. Untuk mengencangkan baut usahakan kearah keluar pada baut cylinder head.
Gambar Formasi pengencangan baut cylinder head 
Tekanan Pegas katup dan memasang Cylinder head
  • Pasang sabuk/rantai timing dan pemegangnya.
  • Menyetel katup-katup.
  • Memasang kembali tutup rocker arms.
  • Memasang manifold, sistem bahan bakar, kelistrikan dan komponen sistem pendinginan.
Artikel terkait :
Pemotong dudukan
Katup dan sudut dudukan

0 komentar