Jenis pneumokoniosis asbestosis, stanosis, siderosis dan talkosis (Dermatosis dan Ancylostomiasis)

Jenis pneumokoniosis asbestosis, stanosis, siderosis dan talkosis (Dermatosis dan Ancylostomiasis) - Sebelum untuk membahas tentang penyakit Asbesitosis silahkan baca artikel berikut Jenis Pneumokoniosia silikosis- Antrakosis karena pada artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. 

Selanjutnya adalah penyakit  Asbesitosis pada umumnya disebabkan karena adanya penimbunan debu asbes yang terdapat didalam paru- paru yang dengan gejala seperti batuk- batuk serta banyaknya dahak serta sesak nafas, sehingga paru- paru penderita sabestosis akan nampak noda yang terdapat dalam paru- paru dengan melalui pemeriksaan Rontent.

Pada umumya penderita asbesitosis tersebut banyak dijumpai pada para pekerja tambang asbes serta industri tekstil yang menggunakan asbes. Berikut ini pencegahan yang dilakukan antara lain :
  • Menggunakan masker 
  • Ventilasi tambang yang baik
  • Pemboran dengan metode yang basah

Stanosis

Penyakit Stanosis disebabkan karena adanya penimbunan debu serta timah putih yang terdapat dalam paru- paru, karena pada umumnya banyak dari para pekerja tambang timah putih dan penyakit ini tidak berbahaya, akan tetapi karena timah putih tersebut terdapat erat kaitanya dengan batuan asam, sehingga pada umumya penderita stanosis juga disertai dengan silikosis. Berikut ini upaya pencegahan yang biasanya dilakukan antara lain :
  • Di anjurkan untuk menggunakan masker
  • Apabila menggunakan pemboran dianjurkan dilakukan dengan pemboran basah
  • Pemeriksaan kesehatan secara rutin

Siderosis

Untuk penyakit Siderosis pada umumnya disebabkan karena penimbunan debu siderite atau besi karbohidrat yang terdapat dalam paru- paru, dan penyakit tersebut banyak terdapat pada para pekerja tambang bijih besi, penyakit siderosis tersebut tidak berbahaya dan hanya terkadang penyakit tersebut silikosis dan siderosis, sehingga penyakit ini menjadi labih berbahaya.

Berikut ini pencegahan yang dilakukan untuk penyakit siderosis :
  • Dianjurkan untuk menggunakan masker
  • Perlunya ventilasi udara yang baik
  • Pemeriksaan terhadap kesehatan secara rutin

Talkosis

Penyakit talkosis ini pada umumnya disebabkan karena adanya penimbunan debu talk yang terdapat pada paru- paru, sehingga talkosis tersebut juga disertai dengan silikosis. Sedangkan penyakit tersebut banyak terdapat pada para pekerja tambang talk, dan penyakit tersebut merupakan penyakit yang tidak berbahaya. Berikut ini upaya pencegahan yang dilakukan untuk pencegahan penyakit talkosis antara lain :
  • Dianjurkan untuk menggunakan masker
  • ventilasi pada udara tambang yang baik
  • Pemeriksaan kesehatan secara rutin

Timbulnya penyakit talkosis selain debu- debu tambang terdapat juga penyakit lain selain debu tambang antara lain :

Dermatosis

Penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit dan perlu untuk mendapat perhatian khusus dan prosentase dermatosis disebabkan karena pekerjaan yang mencapai 50- 60% dari seluruh penyakit. Berikut sebab dari dermatosis yang disebabkan pekerjaan antara lain :
  • Faktor fisik seperti panas, tekanan, kelembaban, temperatur yang dingin, sinar matahari.
  • Organisme seperti bakteri, virus, cacing, kutu serta serangga.
  • Bahan kimia seperti garam dan asam anorganik, senyawa hydrocarbon.
Upaya yang dilakukan untuk pencegahan penderita penyakit dermatosis tersebut adalah dengan cara memindahkan dari lingkungan ketempat yang jauh dari lingkungan penyakit dermatosis.

Ancylostomiasis
Penyakit ancylostomiasis atau lebih dikenal dengan penyakit cacing tambang yang disebabkan cacing Ancylostomaduodenale. Cacing tersebut diketemukan pertama kali ditambang- tambang , sehingga penyakit tersebut dinamakan penyakit cacing tambang. 

Penyakit tersebut dengan melalui larva yang menembus kulit, dan pada umumnya pada kulit kaki dan terus menembus kulit dan masuk kedalam tubuh hingga sampai usus dan larva menghisap darah sipenderita.

Selain itu, gejala penyakit acylotoniasis tersebut penderita akan nampak pucat serta perut kembung walaupun dengan makan yang banyak. Sedangkan untuk pencegahan pekerja dianjurkan untuk menggunakan sepatu yang tidak tembus air serta menjaga kebersihan dan lingkungan, kaskus atau WC juga comberan. Jenis cacing tambang lainya adalah cacing Necator amerikanus.

Artikel terkait :

0 komentar