Membersihkan cylinder head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head

Membersihkan cylider head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head  - Membersihkan dan melepas cylinder head diperlukan seperti pemeriksaan terhadap lmpur oli, aliran oli pendingin, kebocoran oli serta erosi dan korosi, hal tersebut merupakan yang harus dilakukan dalam memeriksa cylinder head.

Hal yang perlu dilakukan setelah memeriksa  serta menilai cylinder head adalah dengan cara menempatkan pada sepasang penyanggah khusus dan melepaskan camshaft jika memungkinkan. Sedangkan retaining yang berfungsi untuk pendukung camshaft perlu untuk disimpan secara berurutan dan bantalanya.

Untuk melepas kunci diperlukan untuk melepas kunci katup setelah melepas camshaft selanjutnya pegas katup harus ditekan. Jaminan terhadap retainer pegas katup dan pengunci akan secara bersamaan dijamin, seperti tap yang dari retainer denga menggunakan alat palu akan berakibat seal antara rollet dengan retainer menjadi pecah. Sedangkan untuk dapat melepaskan kunci, setelah dipukul dengan palu diperlukan alat penekan pegas katup dan tekan pegas katup.

Dalam hal ini wadah diperlukan ketika pengunci serta komponen lain dilepaskan. Untuk selanjutnya setelah pegas katup dilepas dilanjutkan dengan melepas katup dan ditempatkan secara berurutan. Untuk mempermudah penyimpanan atau penomoran dengan cara memasukan batang katup pada suatu plat yang berlubang atau dibor, metode ini merupakan metode yang umum digunakan dalam menyimpan katup.

Langkah selanjutnya adalh apabila katup sulit dikeluarkan dari penghantar maka dari ujung batang katup perlu untuk dikikir menggunakan kikir halus yang berfungsi untuk membuang bekas tumbukan rocker arm. Selain itu, apabila diperlukan alur pengunci juga perlu untuk dibersihkan dari kotoran.

Cairan pembersih juga diperlukan untuk membersihkan cylinder head, cairan tersebut berfungsi untuk menghilangkan bekas gasket atau karbon yang menempel, dan sangat hati- hati dari permukaan cylinder head untuk menghindari kerusakan pada permukaan cylinder head, yang pada hal ini sering terjadi pada oermukaan cylinder head yang terbuat dari alumunium.

Sikat kawat halus diperlukan yang dipasang pada bor tangan untuk membersihkan karbon dari ruang bakar serta saluran. Dan perlu diperhatikan tidak diperbolehkan untuk memasang sikat kawat halus pada gerinda dudukan yang akan berakibat lepas, sehingga perlu untuk menggunakan pakaian pelindung serta kaca mata ketika menggunakan sikat kawat halus.

Kemungkinan cylinder head membutuhkan peralatan permukaan, dan metode lain yang pada umumnya digunakan untuk membersihkan karbon dengan menggunakan bead blaster. Setelah cylinder head selesai dibersihkan, diperlukan untuk memeriksa seperti kerataan, keretakan, korosi dan erosi. Gambar tersebut cara membersihkan dengan menggunakan kawat halus dan skrap. 

Gambar Membersihkan dengan kawat halus Membersihkan  dengan sekrap                         

Membersihkan cylinder head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head
Membersihkan  dengan sekrap
Membersihkan cylinder head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head
Kerataan Permukaan Cylinder head
Hal yang pertama dalam melakukan proses perbaikan adalah pemeriksaan distorsi cylinder, sedangkan peralatan yang diperlukan untuk memeriksa distorsi permukaan cylinder head antara lain : sekrap gasket, straight edge dan feeler gauge.

Sedangakan untuk memeriksa distorsi pada cylinder head adalah dengan cara menempatkan stright edge pada permukaan cylinder head dengan menyilang seperti pada gambar. Selanjutnya perlu dilakukan dengan mengukur distorsi dengan menyisipkan feeler gauge diantara staright edge melalui permukaan cylinder head.

Gambar mengukur distorsi  dan  Posisi pemeriksaan                                                                    

Membersihkan cylinder head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head
Posisi pemeriksaan                     

Membersihkan cylinder head dengan kawat halus, skrap dan kerataan permukaan cylinder head                              

Maksimum distorsi sekitar 0.08 mm untuk 150 mm atau 0.003" untuk 6" pada umumnya. Pada saat meratakan permukaan cylinder head dapat terjadi pergeseran keseimbangan penghantar katup serta dudukan katup, hal tersebut apabila cylinder head terdistorsi.

Pemeriksaan tempat pemasangan camshaft sangat penting seperti terjadinya permukaan cylinder head yang melebihi limit spesifikasi kelengkungan dan masih dalam limit servis, sehingga cylinder masih dapat diratakan dengan mesin perata, dan apabila cylinder head tidak dapat diperbaiki maka cylinder head masuk dalam kategori rusak.

Selanjutnya setelah cylinder head selesai diratakan dengan gerinda mesin maka perlu untuk dibersihkan sisi ruang bakar yang tajam untuk menghindari bara api saat engine dinyalakan dan merusak silinder.

Artikel terkait :

0 komentar