Pelepasan Katup Penyalur dan Pengujian Pompa Injeksi pada Meja Penguji

Pelepasan Katup Penyalur dan Pengujian Pompa Injeksi pada Meja Penguji - Pelepasan Katup Penyalur pada saat injeksi sebaris diperiksa dengan menggunakan pipa leher angsa menggunakan prinsip dengan melalui berhentinya bahan bakar. Sedangkan untuk menghasilkan aliran bebas keluar pada prosedur ini memerlukan pemompaan pompa tangan, sehingga aliran bebas keluar dari pipa leher angsa selama pengetesan.

Pada proses ini tidak mungkin terjadi bila pemasang katup penyalur dengan pegas penekan yang tertekan oleh pemegang pegas yang menyebabkan penutupan yang rapat. Sedangkan untuk dapat mengangkat piston katup hanya tekanan yang tinggi dari bahan bakar, sehingga tidak mungkin dengan menggunakan pengoperasian pompa tekanan tangan.

Sedangkan adanya hambatan seperti aliran akibat terpasangnya katup penyalur serta pegas harus dilepas selama prosedur pengetesan saat injeksi dan memungkinkan aliran bebas hambatan.

Gambar Pelepasan Katup Penyalur dan Pegas  

Pelepasan Katup Penyalur dan Pengujian Pompa Injeksi pada Meja Penguji

Prosedur Penyetelan Saat Injeksi dengan Selenoid Elektrik Pemutus Aliran
Untuk memutuskan aliran bahan bakar listrik dirancang untuk memutuskan aliran bahan bakar kedalam pompa injeksi ketika kunci kontak dimatikan dan aliran dihentikan dan engine mati. Sedangkan apabila kunci mati serta kontak di on- kan selenoid dialiri dengan listrik serta membuka saluran menyebabkan bahan bakar dapat mengalir masuk ke pompa injeksi.

Kunci kontak perlu di on- kan yang berfungsi untuk membuka selenoid, sehingga bahan bakar dapat mengalir secara terus menerus pada pompa injeksi, hal tersebut dilakukan disaat pemeriksaan pada saat injeksi yang dilengkapi dengan menggunakan selenoid pemutus aliran bahan bakar.

Gambar Selenoid Pemutus Aliran Bahan Bakar Saat Membuka dan Menutup

Pelepasan Katup Penyalur dan Pengujian Pompa Injeksi pada Meja Penguji

Pengujian Pompa Injeksi pada Meja Penguji
Selanjutnya pada tahap pengujian serta penservisan juga pembongkaran pada meja penguji untuk pompa diesel terdapat beberapa prosedur pemeriksaan serta penyetelan dari lima langkah kerja pompa. Sedangkan untuk pengetesan pada meja penguji pada bengkel khusus pompa injeksi. Standar pengetesan yang terdapat pada meja penguji serta prosedur pembongkaran untuk pompa injeksi antara lain sebagai berikut :
  • Hasil Pemompaan Pompa
  • Bahan bakar tersebut diperiksa pada bermacam posisi pembukaan katup yang dilakukan terutama   pada pembukaan penuh seperti mengukur volume (jumlah bahan bakar) yang melewati tiap   injektor selama 200 kali pemompaan.
  • Pengesetan Bahan Bakar Maximum.
  • Penyaluran bahan bakar maximum diperiksa guna meyakinkan bahwa mesin dapat dinyalakan dan menghasilkan tenaga yang maximal pada saat diperlukan pemborosan bahan bakar atau untuk mencegah kecepatan berlebihan pada engine.
  • Kerja Governor.
  • Kerja governor diperiksa untuk meyakinkan kerja pengaturan penyaluran pada bahan bakar saat  idle serta kecepatan maksimum dan berkaitan dengan posisi katup gas serta beban engine.
  • Kerja Pompa Pengalir & Penyetelan Tekanan
  • Pompa pengalir diperiksa alirannya dan tekanannya untuk meyakinkan bekerja dengan benar dan tekanannya ter-regulasi secara (teratur) dengan benar.
  • Kerja Kelengkapan Pemaju Kecepatan.
  • Kerja Kelengkapan Pemaju perlu diuji guna meyakinkan pemajuan ketika injeksi bekerja dengan benar sesuai dengan kecepatan engine.
Untuk berikutnya adalah pelepasan, penyimpanan serta pengangkutan juga pemasangan komponen juga sistem bahan bakar diesel memerlukan beberapa langfkah penanganan serta tidak pencegahan yang perlu diperhatikan. Dalam melakukan tindakan penecegahan perlu untuk meyakinkan kalau tidak ada masalh seperti partikel kotoran, debu atau air pada pemasangan .

Komponen seperti injektor serta pompa injeksi merupakan komponen yang toleransinya halus atau mudah rusak dan terganggu oleh partikel asing, sehingga ketika melepas pipa pada bahan bakar seperti pipa pada pompa injeksi atau pembocor bahan bakar serta pipa injektor perlu untuk disumbat pada ujung pipa dengan menggunakan tutup plastik.

Artikel Terkait :

0 komentar