Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin

Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin - Pemeriksaan Kondisi Komponen dilakukan pemeriksaan yang terdapat pada komponen sistem bahan bakar untuk kelayakan. Sedangkan untuk pemeriksaan secara visual adanya keausan, kerusakan atau kebocoran. Komponen utama sistem bahan bakar yang perlu diperiksa adalah seperti pipa dan saluran pembagian suplai juga rangkaian pipa dengan tekanan tinggi serta fitting serta saluran dan pipa rangkaian pelimpah.

Pemeriksaan pada pipa pada umumnya untuk memastikan kerusakan fisik seperti retak atau aus dan juga adanya sambungan longgar atau kurang aman. Selain itu juga pemeriksaan adanya pipa yang terpuntir atau tertekan dan bengkok.

Sedangkan untuk pemeriksaan adanya kebocoran bahan bakar menunjukan adanya komponen rusak atau kebocoran udara dalam sistem bahan bakar, sehingga perlu untuk diperbaiki karena akan berakibat timbulnya kebakaran pada kendaraan pada kendaraan yang diakibatkan karena adanya pipa yang sambungan pipa yang kurang erat atau retak.

Selain itu, untuk pemeriksaan terhadap adanya kebocoran hanya memerlukan pemeriksaan visual pada komponen seperti tangki bahan bakar, garis bahan bakar,  rumah filter atau sedimeter, pompa bahan bakar injeksi, pompa pengangkat maupun injektor.

Gambar Titik-titik pemeriksaan servis pada sistem bahan bakar diesel 
Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin
Pemeriksaan Kerja Komponen/Penyetelan Komponen
Pada pemeriksaan ini dilakukan diberbagai komponen yang perlu untuk distel sesuai spesifikasi pabrik, sehingga performa mesin menjadi efisien seperti pemeriksaan kontrol kecepatan mesin pada katup trotel idle atau maksimum serta sabuk timing.

Gambar Pengetesan kerja saklar peringatan level air
Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin
Selain itu, juga diperlukan untuk pemeriksaan kerja komponen seperti saklar indikator level air pada sedimeter bahan bakar atau lifter untuk bahan bakar agar bekerja dengan baik, karena komponen tersebut merupakan hal yang penting dalam sistem peringatan kontaminasi sistem bahan bakar. 

Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara
Kebocoran bahan bakar atau kebocoran udara dapat terjadi pada bahan bakar tersebut, karena bahan tersebut merupakan rangkaian pembagi bertekanan rendah yang menyebabkan sambungan yang buruk yang disebabkan oleh pompa pengangkat.

Untuk rangkaian dengan tekanan tinggi yang tidak ditunjukan oleh gambar karena hanya mengalami kebocoran bahan bakar dengan melalui sambungan buruk serta sistem yang menghalangi udara yang masuk pada rangkaian.

Gambar Titik-titik tempat kemungkinan terjadinya kebocoran udara dan kebocoran bahan bakar pada sistem bahan bakar diesel

Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin
Pemeriksaan kecepatan Mesin
Pemeriksaan serta untuk penyetelan pengaturan kecepatan mesin diesel adalah merupakan pekerjaan yang sederhana serta untuk dilaksanakan secara teratur, karena selama pemakaian mesin sering terjadi perubahan kecepatan.

Terdapat dua hal yang perlu untuk diperiksa pada kontrol kecepatan mesin yaitu pemeriksaan kecepatan idel serta pemeriksaan kecepatan maksimum atau katup trotel penuh. Sedangkan prosedur pemeriksaan kecepatan idela maksimum antara lain sebagai berikut :

Pemeriksaan Kecepatan idle :
  • Pasang tachometer diesel yang akurat untuk mencatat kecepatan mesin (RPM).
  • Stater selanjutnya jalankan mesin hingga mencapai temperatur kerja yang terdapat pada saluran bawah radiator menjadi hangat.
  • Kemudian biarkan mesin menyala dengan kecepatan idle, dan pastikan bahwa trotel tangan dengan keadaan ke belakang dari yang terdapat pada beberapa jenis kendaraan.
  • Gunakan tachometer untuk Catat kecepatan idle mesin, selanjutnya stel sesuai dengan menggunakan skrup penyetelan idel yang terdapat pada tuas pengontrol pompa injeksi.

Gambar Sekrup pengatur kecepatan maksimum dan idle pada pompa bahan bakar diesel

Pemeriksaan Kondisi, Kerja Komponen/Penyetelan Komponen - Titik-titik Kebocoran Bahan Bakar/Udara dan kecepatan mesin
Pemeriksaan Kecepatan Maksimum
  • Pasang tachometer untuk catat kecepatan mesin (RPM) pada mesin diesel yang akurat.
  • Stater dan jalankan mesin hingga mencapai temperatur kerja dan sesuaikan idle spesifikasi.
  • Buka katup pada posisi maksimum dan catat kecepatan maksimum mesin dengan tachometer (Tuas kontrol katup pada skrup stop).
  • Atur kecepatan maksimum sesuai spesifikasi dengan skrup stop katup penuh tuas kontrol. 
Artikel terkait :
Pemeriksaan Sistem bahan bakar diesel
Rancangan Valve Train

0 komentar