Pemeriksaan Pembersih Udara, Prosedur Perbaikan Standard Filter Elemen Kering dan Prosedur Standard Penyetelan Sabuk Timing

Pemeriksaan Pembersih Udara, Prosedur Perbaikan Standard Filter Elemen Kering dan Prosedur Standard Penyetelan Sabuk Timing - Pada pembersihan seperti servis pembersih udara sangat penting untuk kerja yang efisien dan juga performa mesin serta sistem bahan bakar. Selain itu, pembersih udara yang tersumbat atau terhalang dapat menimbulkan aliran udara, sehingga diperlukan mesin sesuai dengan besarnya katup pada bukaan katup besar atau dengan kecepatan tinggi.

Terjadinya hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya campuran udara serta bahan bakar yang kaya yang terdapat pada ruang pembakaran yang disebabkan karena sistem bahan balar diesel yang tidak dapat untuk mengkompensasi kekurangan udara dan memiliki perbedaan dengan sistem bahan bakar bensin.

Asap pembuangan hitam serta berasap disebabkan dari bahan bakar yang tidak terbakar seperti performa mesin yang buruk serta adanya kemungkinan kerusakan mesin karena endapan karbon serta bahan pengkontaminasi pada pelumas mesin, sehingga diperlukan pemeriksaan pembersih udara yang secara teratur untuk mesin serta kerja sistem bahan bakar yang efektif.

Prosedur servis pada mesin diesel dengan bahan bakar bensin menggunakan filter jenis elemen, sedangkan pada kendaraan untuk kondisi ekstrem dapat menggunakan dua filter, filter primer dan sekunder.

Prosedur Perbaikan Standard Filter Elemen Kering
  • Lepaskan filter udara dari tempatnya.
  • Lakukan penyemprotan udara dengan udara yang bertekanan rendah dan berlawanan arah normal dengan aliran udara melalui elemen filter. Selain itu terdapat beberapa filter elemen kering yang dapat digunakan untuk mencuci dengan cairan pembersih.
  • Periksa kondisi filter dengan cara meletakan lampu pada bagian dalam elemen untuk mengetahui adanya tempat gelap karena adanya penyumbat filter serta cahaya yang tembus atau lubang.
  • Usahakan untuk membersihkan tempat wadah atau pembersih udara dari kotoran juga debu yang selanjutnya periksa seal wadah juga snorkel dan masukan udara apakan terdapat kerusakan.
  • Pasang kembalai elemen filter pada wadah.

Gambar Metode penyemprotan dengan udara yang tepat untuk filter elemen kering

Pemeriksaan Pembersih Udara, Prosedur Perbaikan Standard Filter Elemen Kering dan Prosedur Standard Penyetelan Sabuk Timing
Penyervisan Kekencangan Sabuk Timing
Servis pada mesin diesel dilakukan secara periodik yang menggunakan sabuk timing karet bergigi , sehingga memenuhi spsifikasi pabrik karena sabuk yang kendor menimbulkan masalah dalam waktu injeksi bahan bakar seperti masalah yang ditimbulkan dengan nilai pewaktuan berubah dengan besar karena sabuk tersangkut dan mengencang karena vla rocker bergerak naik turun pada puncak bubungan.

Pada sabuk timing perlu distel sesuai dengan prosedur pada manual dari pabrik, sehingga terdapat desain mesin memiliki puli pengatur kekencangan yang menggunakan pegas yang berfungsi untuk mengatur sabuk selama dilakukan servis, sehingga perlu perhatikan selalu manual dalam prosedur servis yang tepat dan dapat digunakan prosedur standar penyetelan sabuk timing seperti berikut :

Gambar Sabuk timing bergerigi dan titik pemeriksaan kelengkungan sabuk standar


Pemeriksaan Pembersih Udara, Prosedur Perbaikan Standard Filter Elemen Kering dan Prosedur Standard Penyetelan Sabuk Timing
Prosedur Standard Penyetelan Sabuk Timing
  • Dilakukan untuk pelepasan sabuk timing serta komponen lain yang berhubungan.
  • Ganti jika perlu dan periksa kondisi sabuk timing juga roda gigi penggerak sabuk untuk memastikan roda sabuk yang aus.
  • Selanjutnya adalah kendorkan baut puli pengencang sabuk timing, sehingga pegas pengencang bekerja pada puli.
  • Selanjutnya adalah putar mesin dengan hati- hati yang terdapat pada baut puli poros engkol arah normal putaran mesin, sehingga sabuk pada sisi penggerak jadi kencang dan sisi lain mengendur hingga sesuai dengan keperluan.
  • Periksa kelurusan dengan memperhatikan tanda timing dengan cara memutar dua hingga tiga kali.
  • Memeriksa sabuk timing secara manual seperti besarnya lengkungan pada sisi penggerak dan jika perlu atur kembali.
  • Berikutnya pasang kembali penutup sabuk timing serta komponenya dan stater mesin dan periksa seperti adanya suara bernada tinggi yang berarti sabuk terlalu kencang.
Artikel terkait :

0 komentar