Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel

Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel - Sebuah kerusakan yang terdapat pada injektor dapat di identifikasikan dengan cara untuk mengendorkan pipa injektor yang terdapat pada masing- masing injektor dan waktu yang berbeda, dan merupakan cara untuk menghilangkan tekanan kerja masuk ke injektor.

Pada sistem kerja injektor yang sesuai dengan spesifikasi pabrik apabila dikendorkan pipanya akan menghasilkan penurunan putaran (RPM) yang terdapat pada mesin yang menunjukan pada silinder yang sedang bekerja sekarang tidal berfungsi.

Sedangkan pada mesin injektornya bekerja memiliki putaran mesin besar lain halnya dengan injektor yang terganggu. Hal tersebut merupakan tes yang teliti walau bahwa penyebabnya adalah injektor tetapi karena hilangnya kompresi atau kerusakan yang terjadi dari pompa injeksi.

Gambar Pengendoran pipa injektor selama pengetesan penelusuran injektor
Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Selanjutnya adalah prosedur pengujian injektor untuk mendeteksi kerusakan dari injektor atau bagian mesin lain, sedangkan untuk pengujian injekstor dilakukan dengan cara memindahkan injektor dengan injektor lain. Dan apabila gangguan berpindah kesilinder lain yang ditukar injektornya berarti gangguan benar berasal dari injektor dan apabila gangguan pada silinder, berarti bukan dari injektor dan dari bagian lain pada silinder atau pompa injeksi.

Mendudukkan Injektor Ketika Menservis
Diperlukan untuk mengoverhoul atau menservis berkenaan dengan kemungkinan adanya kerusakan yang diakibatkan pendukungan yang tidak tepat. Sebelumnya perlu diketahui juga injektor merupakan sebuah unit dengan toleransi halus serta pemegangan yang tidak tepata pada ragum/ penjepit akan berakibat kemacetan injektor.

Gambar Cara Tepat Pemegangan Injektor
Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Gambar Cara Tepat Penjepitan Injektor Tipe Ulir
Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Kerusakan yang terjadi pada injektor disebabkan seperti yang telah diuraikan, sehingga injektor memerlukan perawatan khusus seperti pemegangan dan penjepitan dirancang untuk mencegah terjadinya kerusakan pada body injektor. Selain itu juga terdapat dua rancangan satu berfungsi untuk dudukan injektor lubang banyak dan kedua berfungsi untuk pemegang injektor jenis pintel, dan selalu dianjurkan untuk menggunakan pemegang atau penjepitan dan tidak diperbolehkan jepit langsung pada ragum.   

Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak

Pada gambar berikut ini menunjukan penyemprotan yang baik dan buruk yang terdapat pada injektor lubang banyak, dan sebagai catatan adalah : Terdapat beberapa macam injektor lubang banyak yang memiliki arah semprotan tertentu seperti yang ditunjukan dalam gambar tersebut, ketika satu sesi pada penyemprotan injektor memiliki lubang yang terhalang, sehingga injektor dapat berfungsi dengan benar. Selain itu, bentuk semprotan juga dirancang agar bahan bakar teraduk langsung didalam ruang bakar.

Bentuk Semprotan Baik dan Buruk untuk Nosel Injektor Lubang Banyak
Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Bentuk Semprotan Konis Nosel Injektor Ketika Terbuka
Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Tanda-tanda Timing Pada mesin Disel
Pada umumnya engine diesel menyediakan dua set tanda saat injeksi yang berfungsi dengan tujuan injeksi silinder engine serta saat injeksi bahan bakar, sehingga dari injeksi tersebut dapat berhubungan antara satu dengan lainya pada saat menempatkan injeksi silinder nomor satu.

Sedangkan untuk tanda injeksi yang pertama pada mesin dan peredam getaran poros engkol atau "puli" juga roda gaya mesin yang digunakan berfungsi untuk mengidentifikasi pompa injeksi bahan bakar mulai memompa, yaitu beberapa derajat sebelum TMA yang terdapat pada silinder pertama ketika langkah kompresi. Sedangkan kedua variasi tersebut dapat ditunjukan pada gambar pada sisi kiri.

Gambar Menunjukkan Dua Rancangan Tanda-tanda Saat Injeksi Engine (sisi kiri) dan Dua Rancangan Tanda-tanda Saat Injeksi Pompa (sisi kanan) 

Menentukan Kerusakan Injektor, Mendudukkan Injektor Ketika Menservis dan Bentuk-bentuk Penyemprotan Lubang Banyak- Tanda timing mesin diesel
Selanjutnya adalah tanda yang kedua terdapat pada pompa injeksi dan dari tanda tersebut memastikan plunyer pompa menyemprotkan bahan bakar ke injektor. Tanda tersebut seperti Pada gambar sisi kanan dan terletak pada dudukan pompa atau pada kopling pada penggerak pompa injeksi.

Pada saat injeksi terdapat beberapa tanda derajat pemajuan pemompaan atau mundur yang berfungsi untuk keperluan penyetelan saat injeksi pompa.

0 komentar