Sejarah terbentuknya Ikatan dan keselamatan kerja di Indonesia

Sejarah terbentuknya Ikatan dan keselamatan kerja di Indonesia - Sejarah terbentuknya ikatan yang didirikan pada tahun 1867 yang merupakan organisasi keselamatan tertua di dunia dan dunia pencegahan kecelakaan Mellhouse " di negara Perancis, yang kemudian disusul oleh negara- negara Eropa :

Belgia Pada tahun 1890 yang merupakan ikatan pengusaha Belgia untuk pencegahan kecelakaan atau disebut dengan "Belgian Manufactures Association for the prevention of industrial Accident", dan dinegara Italia pada tahun 1890.
Sejarah terbentuknya Ikatan dan keselamatan kerja di Indonesia

Selain itu, dinegara Swedia pada tahun 1905 yang merupakan perlindungan tenaga kerja Swedia atau Swedish workers protection Association. Selanjutnya adalah di negara Inggris  pra perang dunia I, dengan Ikatan Pengutamaan keselamatan nasional Inggris " British national Safety Association dan sekarang telah menjadi masyarakat kerajaan yang digunakan untuk pencegahan kecelakaan "royal Sociaty for the Preventio of Accident".

Untuk selanjutnya adalah di USA pada tahun 19133, Dewan Keselamatan Nasioanl "Naational sfaety Councl of united states". Sedangkan dinegara Cuba pada tahun 1936, Dewan nasional keselamatan Kuba "Cuban national safety Council", Dan di negara Afrika tahun 1936 dengan melalui Ikatan pengutamaan Capae province.

Di negar Asia Jepang pada tahun 1928, dengan Masyarakat Kesejahteraan Industri Jepang "Japanese Industrial Welfare Society" Dan negara Australia serta New Sauth Wales pada tahun 1972. Selain itu juga Iktatan dengan pengutamaan serta keselamatan negara Australia dan Ikatan pengutamaan Keselamatan New sauth wales.

Untuk berikutnya adalah telah dimunculkan lembaga yang berfungsi untuk pengujian bahan serta peralatan industry juga lembaga untuk riset serta penelitian dalam bidang teknologi juga fisiologi dan psikologi.

Sejarah Keselamatan kerja di Indonesia

Setelah belanda datang ke Indonesia pada abad ke - 17 hingga abad 19, untuk masalah keselamatan mulai terasa yang berfungsi untuk melindungi modal yang ditanamkan untuk industry. Pada saat itu telah digunakan 120 ketel yang berupa uap serta undang- undang tentang ketel uap tersebut yang muncul pada tahun 1853.

Selanjutnya adalah pada tahun 1898 yang telah dipakai 2.277 ketel uap, dan pada tahun 1890 jug telah dikeluarkan tentang ketetapan pemasangan serta pemakaian jaringan listrik di Indonesia. Sedangkan menyusul pada tahun 1907 telah dikeluarkan tentang peraturan juga tentang pengangkutan obat, senjata, petasan juga peluru serta bahan- bahan yang dpat meledak.

Seanjunya menyusul pada tahun 1905 yang telah dikeluarkan " Veiligheids Reglement" serta pelengkap peraturan peleksanaan juga peraturan khusus. Sedangkan pada tahun 1910 direvisi tentang pengawasan Undang- undang yang dilakukan oleh veiligheids Toezich, dan pada tahun 1912 terdapat pelarangan terhadap fosfor putih.

Pada tahun 1927 telah dilahirkan Undang- undang gangguan pada tahun 1930 oleh pemerintah Belanda serta dilakukan untuk merevisi undang- undang uap, selain itu juga undang- udang pengawasan kerja yang memuat tentang kesehatan serta keselamatan kerja yang dikeluarkan pada tahun 1916. Sedangkan ketika selama perang dunia II tidak terdapat hal- hal yang dicatat, karena pada saat itu dalam suasana perang.

Sesuai dengan dinamika bangsa Indonesia, dari sejak jaman kemerdekaan, keselamatan kerja berkembang, dan selanjutnya setelah beberapa tahun setelah proklamasi  seperti undang- undang kerja dan undang- undang kecelakaan "kompensional" diundangkan.

Terbentuknya lembaga kesehatan dan keselamatan kerja

Pada tahun 1957 telah didirikan lembaga kesehatan serta keselamatan kerja, dan pada tahun 1970 diundangkan undang- undang No I tentang keselamatan kerja, dan undang- undang tersebut merupakan sebagai pengganti Veiligheids reglement pada tahun 1910. Dan pada tahun 1969 telah didirikan kesehatan dan keselamatan kerja dan juga dibangun Laboratorium keselamatan kerja.

Selanjutnya diadakan seminar nasional Higiene Perusahaan serta Keselamatan kerja yang membahas tentang atau dengan tema "Penerapan keselamatan kerja demi pembangunan", seminar tersebut pada tahun 157. Sedangkan pada tahun 1990 bulan Februari Rumah sakit Sultan Agung Semarang dengan Fakultas kedokteran Unissula telah menyelenggarakan symposium Gangguan pendengaran yang diakibatkan kerja yang telah dibuka oleh Menteri tenaga Kerja RI "Cosmas Batubara".

Baca Juga artikel terkait : 

0 komentar