Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat

Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat - Gear pump ini merupakan postive displacement pump yang dari tiap revolusi shaft inputnya pompa ini digunakan untuk memompa dari sejumlah oli yang sama. Baca juga artikel : Positive Displacement Pump & Non Positive Displacement Pump pada komponen hidrolik alat berat.

Sedangkan untuk seperti halnya perubahan kecepatan rotasinya berfungsi untuk mengendalikan dari jumlah ouput pompa. Sedangkan untuk maximum tekanan operasi juga dapat dibatasi hingga mencapai 27.579 kPa atau 4000 psi. Dari ketidakseimbangan hidrolik yang terdapat pada rancanganya disebabkan karena batasan tekanan.

Gear Pump
Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat
Dengan adanya bearing serta gigi gear ke kontak housing karena dari ketidakseimbangan hidrolik yang menciptakan beban sisi pada shaft yang ditahan. Sedangkan pompa gear juga mampu dalm mempertahankan dari efisiensi volume pada 90% juga tekanan tetap dijaga dalam range presssure dengan pengoperasian yang ditentukan.

Bagian-bagian Gear pump
Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat
1) seal retainer
2) seal
3) seal back-ups
4) isolation plates
5) spacers
6) drive gear
7) idler gear
8) housing
9) mounting flange
10) flange seal

Pressure balance plate 
Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat
  1. Untuk jenis ini juga menggunakan isolation plate, back up sela serta seal dengan bentuk angka 3 juga sebuah retainer seal. Jenis yang lama juga memiliki pada bagian belakang yang rata.
  2. Pada bagian belakangnya yang menyerupai angka 3 pada bagian belakang yang tebal jika dibanding jenis yang sebelumnya serta juga menggunakan dua jensi seal yang berbeda, hal tersebut merupakan jenis baru yang memiliki bentuk melengkung.
VANE PUMP 
Gear Pump dan Vane Pump pada komponen hidrolik alat berat
Bagian-bagian vane pump juga merupakan positive displacement pump, Sedangkan output pompa juga bisa tetap atau variabel. Denagan menggunakan penamaan komponen yang serupa baik fixed atau variable vane pump. Dari setiap pompa juga terdiri dari : 
1. housing
2. Cartridge
3. Mounting plate
4. Mounting plate seal
5. Cartridge seal
6. Cartride back- up ring
7. Snap ring
8. Input shaft dan bearing / terdiri dari plat penunjang
9. Support plate
10. Displacement ring
11. Flex plate
12. Slotted rotor
13. Vane.

Slottes rotor ini digerakan oleh input shaft, dan Vane juga bergerak keluar serta masuk dengan melalui slot yang terdapat pada rotor juga seal pada outer tip dan terhadap cam ring. Berbentuk bulat telur atau elips pada bagian dalam ring displacement pump. Dan berbentuk bulat penuh pada bagian dalam ring positive displacement pump. 

Ujung vane dari flex plate yang menyekat dari sisi rotor. Sedangkan pompa dengan tekanan rendah dengan rancangan menggunakan support plate juga huosing yang menyekat pada bagian sisi rotor. Sedangkan support plate juga dipakai guna mengarahkan oli ke inlet port yang benar pada housing. Housing sebagai tambahan dan memberikan dukungan terhadap komponen lain pada vane pump juga mengarahkan aliran keluar masuk vane pump.

Artikel Terkait : 
Pressurized Tank Komponen hidrolik alat berat
Vented Tank & Hydraulic Pump komponen hirolik alat berat

0 komentar