Cara membongkar differential dan bevel gear mesin otomotif power train - Mesin dengan komponen otomotif memiliki beberapa fungsi dalam menunjang cara kerja sehingga mesin- mesin otomotif power train seperti halnya berikut terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk merawat atau memperbaiki komponen yang dengan sistem power train.
Cara membongkar differential dan bevel gear
Cara membongkar differential dan bevel gear
Pada artikel ini sebagai kelanjutan dari artikel yang telah saya posting sebelumnya yang membahas tentang dan cara merawat powertrain baca : Keausan normal komponen mesin & Cara Melepaskan differential carrier. Sedangkan cara membongkar differential serta bevel gear dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Tandai pada setiap bagian teng case menggunakan obeng seta martil jika tanda penyesuai case differential tidak tampak yang berfungsi untuk mempermudah kembali carrier ketika merangkai.
- Komponen yang menahan paruhan case bersamaan dan lepaskan semua perangkat keras.
- Seperti martil tembaga, plastik serta kulit yang berfungsi untuk mengendurkan bagian pada pemisahan paruhan case.
- Sedangkan seperti komponen spider differential (silangan) empat pinion gear, dua side gear, dan enam thrust washer dilepas dari bagian dalam paruhan case seperti yang tampak pada gambar berikut.
- Seperti yang tampak pada gambar ini juga jika terdapat baut yang menahan bevel gear ke paruhan flange case dan jika bevel gear perlu diganti lepas perangkat keras yang menahan paruhan flange case.
- Pada bagian sisi bevel gear dan pukul pada bagian tengah kepala setiap baut dengan hati- hati.
- Hingga kedalaman serta ketebalan baut ketika mengebor tiap kepala baut pada sisi bevel gear. Dianjurkan untuk ukuran 1/32 inci ukuran mata bor dan lebih kecil dibanding diameter kepala badan baut.
- Tekan kepala baut yang dibor serta penekanan baut dilakukan dengan melalui lubang pada paruhan bevel gear dan flange case.
Dalam hal ini dianjurkan untuk tidak melepas bau dengan martil atau tatah yang berakibat dapat merusak paruhan flange case serta memperbesar lubang baut sehingga baut kendor.
- Seperti yang tampak pada gambar adalah cara dengan memberikan penopang yang terdapat pada bagian bawah bevel gear dengan menggunakan balok besi serta kayu dan tekan paruhan case dengan melalui gear. Selain itu, juga memisahkan paruhan case serta bevel gear dengan menggunakan hydraulic press.
- Lepaskan bearing dari paruhan case jika bearing differential perlu diganti, dan untuk melepaskan dengan cara menekan atau menggunakan bearing puller.
Demikian artikel Cara membongkar differential dan bevel gear mesin otomotif power train semoga bermanfaat.
0 komentar