Chain & Precision Roller Chain pada konstruksi universal joint

Chain & Precision Roller Chain pada konstruksi universal joint - Chain ini merupakan komponen yang terbuat dari bahan plastik dengan tujuan instrumen yang tersedia dari jenis yang paling kecil yang hingga sampai dengan versi helaian banyak atau multi- strand serta mampu untuk mentransmisi ribuan kilowatt. Chain ini terdapat beberapa keunggulan diantaranya adalah :

Baca juga artikel : Slip Joint Assemblly & Model Slip Joint serta Tubing pada Konstruksi Universal joint
  • Torsi tinggi yang dapat ditransmisi atau tidak selip.
  • Drivenshaft dan driveshaft merupakan hubungan yang sinkron dan tidak terdapat slip.
  • Chain dan ratio menentukan tenaga yang ditransmisi dari tegangan awal juga driver sprocket terhadap driven sprocket pada ruang yang lebih kecil untuk pencapaian.
  • Untuk menggerakn beberap shaft dari suatu sumber tenaga chain ini berfungsi sebagai alatnya dari sisi manapun pada chain.
  • Pada kondisi temperatur tinggi chain drive ini dapat digunakan.
Kelemahan :
  • Chain mengeluarkan bunyi bising pada kecepatan yang sama terkecuali menggunakan rantai khusus. Bunyi bising disebabkan oleh didalam alat penggerak karena efek poligon (pulsasi) atau ekselerasi serta deselerasi saat melewati gigi sprocket.
  • Tutup selubung dianjurkan untuk kedap oli seperti motor grader dan untuk aplikasi ini memerlukan biaya tinggi jika pada kecepatan sedang hingga tinggi.
  • Tidak selalu untuk beban berdenyut pada rantai dan chain ini bersifat tidak elastis, dan selip balik menjadi kelemahan untuk tindakan kecelakaan dilakukan.
  • Efek terhadap pemanjangan chain akan menuntut penggantian sprocket dan chain.
  • Selain chain berfungsi untuk mentransmisi tenaga chain ini berfungsi untuk berbagai cara pencapaian gerakan mekanis.

Precision Roller Chain
Pada umumnya jenis chain yang berfungsi untuk mentransmisi tenaga menggunakan precision roller chain dimana komponen precision roller chain digunakan untuk toleransi halus atau biasa disebut sebagai roller chain.

Komponen-komponen Chain
Chain & Precision Roller Chain pada konstruksi universal joint
Terdapat sambungan pada luar serta dalam pada roller chain dengan pemasangan secara bergantian yang terbuat dari baja pada sambungan dalam dengan dus buah plat samping yang dengan baja bush baja keras untuk menahanya.

Sambungan pada bagian luar ini terdiri dua buah plat samping dari baja serta terdapat dua buah pin baja keras yang digunakan untuk menahan. Sedangkan yang terpasang pada setiap bush diantara plat bebas berputar tersebut menggunakan roller baja keras.

Dengan satu plat samping ketika dirakit dan pin tersebut dipakukan yang kemudian melewati satu bush dari masing- masing sisi dua buah inner link berdekatan. Sedangkan ujung pin dan ujung din yang di- rivet yang digunakan untuk menekan plat sisi yang lainya. Selain itu, roller chain dapat digolongkan menjadi beberapa yang diantaranya :
  • Untuk rantai pitch atau chain standar adalah 9,5, 12, 7, 15,9, 19 serta 25.4 mm dari pitch - jarak pusat gigi yang berdekatan, Selain itu, chain yang menggunakan ukuran pitch 38,1, 44,5, 50,8, 63,5 dan 76,2 mm juga tersedia.
Chain & Precision Roller Chain pada konstruksi universal joint
  • Seperti yang telah diharapkan dengan sekitar tiga kali beban yang ditahan oleh sebuah single chain selain lebar - rantai yang menggunakan pitch pendek yang dibuat dengan satu lebar, dua lebar serta tiga lebar atau dikenal dengan single, duplex serta triplex seperti yang tampak pada gambar.

0 komentar