Cara Kerja Roda-roda (wheel) untuk chain drive pada konstruksi universal joint

Cara Kerja Roda-roda (wheel) untuk chain drive pada konstruksi universal joint - Roda-roda (wheel) untuk chain drive pada umumnya disebut dengan sprockt atau sprocket wheel, dan memiliki gigi- gigi pada wheel yang berfungsi pada precision roller chain dengan kisaran gigi standar yang dibuat dengan mesin dengan ukuran standar 17, 19, 21, 23, 25, 38, 57, 76, 95 dan 114. 


Aplikasi khusus dapat digunakan oleh wheel dengan jumlah berapapun dan wheel dengan 30 gigi ataupun lebih disebut wheel, sedangkan wheel dengan gigi hingga 29 disebut dengan pinion. Jarak kordal atau chordal distance merupakan pitch yang terdapat pada sebuah wheel.

Cara Kerja
Pemasangan menentukan untuk keefektifan dari sebuah chain drive serta pemeliharaan yang benar dan pengoperasian dimana chain tersebut berfungsi untuk meredam dari banyaknya guncangan. Berikut ini terdapat beberapa faktor yang berpengaruh pada kinerja chain serta masa pakainya antara lain:
  • Untuk menstransmisi tenaga serta kecepatan yang dibutuhkan pada pemilihan chain wheel yang benar.
  • Pada hal tegangan serta kesejajaran chain juga pemasangan yang benar.
  • Pemeliharaan serta pelumasan jangka panjang yang benar.
Penyebab tekanan yang berlebih yang terdapat pada komponen seperti getaran, bunyi serta kerusakan yang diakibatkan kelelahan. Selain itu, banyak juga kesalahan yang terjadi pada pemasangan chain yang pada kenyataanya bahwa chain dengan berhasil mengikat dua buah haft serta menyembunyikan pada kondisi yang terlalu kencang atau longgar.

Sedangkan penyebab bunyi bising juga aus berlebih karena chain sprocket atau wheel yang tidak dapat disejajarkan serta kerusakan dini yang terdapat pada chain akan berakibat chain men "steer- off" sprocket.

Kesejajaran Chain
Di dalam bearing pastikan bahwa shaft dapat ditopang dengan benar, sedangkan untuk menjaga kelurusan awal yang disesuaikan dengan shaft, bearing serta pondasi dan tidak mendefleksi secara berlebih dibawah beban selain bearing yang disusun dekat dengan wheel.

Cara mensejajarkan Chain
Cara Kerja Roda-roda (wheel) untuk chain drive pada konstruksi universal joint
Lebar chain akan sangat membantu untuk dapat memaksimalkan masa pakai chain dari kesejajaran yang tepat shaft yang berfungsi untuk memastikan distribusi beban merata, seperti yang tampak pada gambar mengilustrasikan dengan mode penjajaran chain yang disetujui.

Sedangkan untuk memastikan chain wheel terdapat pada bidang yang sama dengan penggaris lurus juga pemeriksaan spirit level yang berfungsi untuk memastikan shaft sejajar horisontal, dan untuk pemeriksaaan visual setelah chain terpasang akan menunjukan jalur chain yang terpuntir dari ketidaksejajaran.

Metode Penegangan Chain
Cara Kerja Roda-roda (wheel) untuk chain drive pada konstruksi universal joint
Agar chain tidak melenceng dari wheel diperlukan tegangan chain yang benar dan gerakan balik juga mengurangi backlash hingga penyetelan tegangan perlu dilakukan ketika chain aus dan memanjang. Seperti yang terlihat pada gambar merupakan metode yang disukai dengan memindahkan posisi dari salah satu shaft untuk menegangkan chain.

Sisi chain tidak terdapat beban, yang dianjurkan apabila shaft tidak mungkin digerakan pada sebuah idler wheel yang berikatan tersebut dapat disetel yang pada umumnya memiliki jumlah gigi sama dengan pinion pada idler, Sekurangya tiga gigi berikatan dengan chain pada pemasangan idler, disesuaikan dengan spesifikasi pabrik pembuat untuk ukuran serta kecepatan idler.

Artikel Terkait : 

0 komentar