Penegangan dan penggantian serta pelumasan chain

Penegangan dan penggantian serta pelumasan chain - Penegangan Chain seperti yang tampak pada gambar chain diharuskan disetel yang pada satu sisi chain drive kencang serta sisi lain juga dapat digerakan sejauh A yang dengan menggunakan rumus sebagai berikut : 

Gerakan Total (A)mm = Jarak Pusat (b) mm
                                             Faktor beban

Gerakan total (a) mm = jarak pusat (b) mm dari per faktor beban.
Faktor beban tersebut merupakan 25 untuk gerakan mulus dan untuk gerakan yang berbeban guncangan sebesar 50. Gerakan total A diharuskan setengah dari chain pitch jika drive system vertikal.

Penggantian Chain
Keausan chain ini akan menyebabkan bertambah panjang karena jarak bebas serta meningkat dalam banyak permukaan. Selain itu, Untuk mengetahui chain diharuskan untuk diganti dengan menggunakan perubahan panjang dalam chain ini.
Penegangan dan penggantian serta pelumasan chain
Dengan membandingkan panjang chain aus dengan panjang semestinya merupakan petunjuk yang baik dengan cara mengkalikan jumlah sambungan dengan pitch dan jika keausan chain bertambahn 2% chain harus diganti. Chain perlu unti diganti apabila panjang telah bertambah 1% jika tidak terdapat alat ataupun cara untuk menyetel tegangan chain. 

Pelumasan Chain / Chain Lubrication
Seperti yang terlihat pada gambar terdapat yang digunakan sebagai dasar pelumasan chain drive seperti maual, dripfeed, bath lubricant serta oli stream. Untuk menentukan metode pelumasan tersebut ditentukan oleh aplikasi drive dan metode pelumasan harus lebih baik ketika kecepatan atau tenaga yang ditransmisi meningkat pada saat kecepatan. Tenaga serta kecepatan yang ditransmisi serta metode pelumasan seperti yang tampak pada gambar.
Penegangan dan penggantian serta pelumasan chain
Identifikasi masalah pada getaran serta penyebab masalah getaran yang mungkin serta tindakan perbaikan  silahkan lihat pada tabel berikut :

Getaran umum / General vibration
Penyebab yang mungkin
Tindakan perbaikan
Torsi pada cap screw yang menahan bearing plate tidak cukup.

Retensi torque bearing sesuai dengan spesifikasi

Universal joint aus

Ganti Universal joint kit

Bekerja secara terus menerus dan terlalu besar dari sudut universal joint
Kurangi sudut kerja terus menerus universal joint

Sudut universal joint yang berbeda
Menyamakan sudut-sudut universal joint  dan Ganjal (dengan shim) komponen-komponen drive train

Driveshaft  yang seimbang dan kelurusan
Luruskan dan seimbangkan

Kerusakan pada drive shaft  tube
Kencangkan dan seimbangkan atau ganti tube

Runout pada drive support shaft dan driven support shaft

Ganti shaftbearing serta periksa pedoman pabrik pembuat transmisi atau axle.
Kelonggaran u- joint yang berlebih untuk pengopersian atau kecepatan
Gunakan support  dan pasang two piece driveshaft. Periksa kelenturan u- joint, luruskan dan seimbangkan/ sesuaikan dengan spesifikasi untuk retensi torque.
Pada slip splien dan dudukan diameter luar longgar
Ganti
Untuk kecepatan driveshaft terlalu panjang dan beroperasi dalam kondisi kritis
Gunakan shaft support bearing dan pasang two piece driveshaft serta gunakan tube dengan diameter besar.
Bobot  driveshaft yang tidak kompatibel / dudukan transmisi
Perbaiki semua dudukan power plant dan pasang two piece drishaft dengan support bearing
Driveshaft yoke phasing
Untuk mengetahui yoke phasing yang benar Baca pedoman pemeliharaan O.E.M. atau tanda panah kesejajaran pada slip yoke dan male slip shaft


Artikel terkait : 

0 komentar