Komponen final drive dan penyebab kerusakan

Komponen final drive dan penyebab kerusakan - Final drive dari adanya kebocoran lubrication dapat dilihat secara jelas dengan cara pemeriksaan visual. Karena ring 'O' ini merupakan sumber dari kebocoran yang berfungsi sebagai penutup final drive dan mengalami kebocoran atau disekitar seal duo cone yang terdapat pada samping sasis wheel.

Komponen final drive dan penyebab kerusakan

Sebelum membahas tentang berbagai penyebab kerusakan pada final drive perlu juga untuk mngetahui komponen mesin final drive pada komponen mesin power train alat berat baca artikel komponen mesin : Cara kerja final drive assembly mesin otomotif kendaraan berat

Suara pada komponen / ngelitik
Suara yang timbul pada komponen mesin menandakan karena terdapt sesuatu yang kurang beres pada komponen mesin, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan drain plugan magnetis pada unit jika ada partikel metal.

Dan jika terdapat partikel seperti bahan logam perlu untuk mengidentifikasi apakah sumber logam dapat dilihat dengan cara membuang isi kompartemen serta melepaskan penutup.  Lubrication yang biasanya digunakan pada final drive ini pada umumnya sama dengan differential, selain juga sumber pencemaran pada final drive yang dapat berakibat merusak final drive dan harus diperbaiki dari kedua sisi mesin dan differentialnya.

Lubrication
Penting untuk memperhatikan penggunaan oli pelumas atau lubrication dengan grade yang tepat serta kekentalan yang sesuai selain kinerja komponen mesin dalam housing axle yang berputar relatif lambat dengan beban yang berat. Pastikan oli pelumas atau  berfungsi dengan baik, sehingga analisa pelumas ketika interval perbaikan selalu dilakukan dan jarak waktu antar analisa diperkecil bila dianggap perlu. Sepanjang waktu untuk ketinggian permukaan lubriction yang tepat dalam housing perlu untuk dijaga.

Penyaluran Pelumas atau lubrication
Ketika sirkut pendingin atau cooling brake bocor seperti komponen mesin off highway truck pada brake disc ganda yang merupakan mesin yang menggunakan cooling lubrication dapat menyalurkan pelumas ke final drive.

Kerusakan parah final drive dapat terjadi jika hal ini terdeteksi karena disebabkan kedua pelumas / lubrication ini berbeda jauh. Dengan melalui tanki brake hidraulis pada masalah ini dapat mendeteksi dengan turunya ketinggian permukaan lubrication juga melalui peningkatan permukaan lubrication pada kompartemen axle dan segera diperbaiki setelah terdeteksi.

Kehilangan drive
Masalah final drive serta masalah differential merupakan komponen yang terkena akibat pada kondisi ini dan kerusakan axle shaft merupakan penyebab utama kerusakan dari final drive atau spline antara sun gear dan axle shaft.

Demikian artikel Komponen final drive dan penyebab kerusakan dan pemeriksaan pada komponen final drive secara visual  semoga bermanfaat.

0 komentar