Non - compensated flow control/ temperatur suhu dan ukuran orifice pada komponen hidrolik alat berat

Non - compensated flow control/ temperatur suhu dan ukuran orifice pada komponen hidrolik alat berat - Non-compensated flow control berfungsi untuk sebagai pembatas serta mengendalikan dari laju aliran ke dalam sirkuit cabang yang terdapat pada pressure input tertentu ke dalam valve.

Peningkatan yang disertai dengan penurunan tekanan pada saat tekanan sistem meningkat juga aliran yang melalui non - compensated flow control valve sebelumnya baca artikel : Relief valve yang dioperasikan dengan pilot pada saat posisi terbuka dan flow control valve   

Sedangkan aliran akan turun secara proporsional dengan sendirinya ketika saluran luar atau pressure load atau beban meningkat dan bentuk yang paling sederhana pada non compensated flow control valve ini disebut dengan orifice. 

Pada saluran hidrolik adalah sebagai valve tersendiri dan orifice juga dapat dipasang dengan mudah dan sering dilakukan ke dalam fifting hidrolik yang merupakan cara sebagai pembatas aliran ke cabang sirkuit.

Non-compensated flow control
Non - compensated flow control/ temperatur suhu dan ukuran orifice pada komponen hidrolik alat berat
Selain itu, untuk sebagai pembatas aliran yang digunakan untuk mengendalikan aliran ke cabang sirkuit adalah dengan menggunakan needle type valve atau glob. Jalur aliran oli yang terdapat pada orifice yang merupakan bukaan kecil dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi aliran yang melewati orifice antara lain tiga diantaranya yang paling lazim adalah :

1. Temperature / suhu dari oli.
2. Ukuran orifice itu sendiri.
3. Perbedaan tekanan pada orifice.

Temperature / suhu
Perubahan suhu juga akan sejalan dengan kekentalan viscosity atau kekentalan oli dan dari daya hambat oli berfungsi untuk mengalir pada suhu tertentu yang merupakan kekentalan. Ketika suhu meningkat oli hidrolik akan menjadi encer serta mengalir lancar.

Ukuran orifice
Untuk laju aliran yang melewati suatu orifice dikendalikan oleh ukuran orifice dan sebagai contoh yang pada umumnya digunakan adalah orifice yang terdapat pada hose taman dan semprotan halus ditimbulkan oleh tetesan dari orifice sebesar jarum.

Sedangkan untuk mengukur aliran dari air yang keluar dari hose diukur oleh orifice yang berukuran besar maupun kecil serta besar kecilnya orifice ini menentukan jumlah air yang disalurkan keluar yang ukuran orifice ini bisa tetap maupun variale. 

Fixed Orifice Check Valve
Non - compensated flow control/ temperatur suhu dan ukuran orifice pada komponen hidrolik alat berat
Pada bagian tengah check valve terdapat fixed orifice yang merupakan orifice, dan apabila oli mengalir pada arah yang normal yang memungkinkan oli mengalir pada valve yang melalui orifice dari valve yang membuka.

Valve juga akan menutup apabila oli berusaha untuk mengalir dengan arah sebaliknya dan pengendali laju aliran semua aliran oli akan membalik dan mengalir melalui orifice.

0 komentar