Relief valve yang dioperasikan dengan pilot pada saat posisi terbuka dan flow control valve

Relief valve yang dioperasikan dengan pilot pada saat posisi terbuka dan flow control valve - Relief valve yang dioperasikan dengan pilot pada saat posisi terbuka adalah ketika tekanan oli sistem telah melebihi pilot valve spring setting, sehingga pilot valve terbuka. Oli unloading valve spring chamber mengalir ke dalam tangki karena terbukanya pilot valve.

Sedangkan untuk bukaan orifice atau pilot valve akan lebih besar jika dibandingkan dengan orifice yang terdapat pada unloading valve. Selain itu, aliran oli yang melalui pilot valve akan lebih cepat jika dibanding dengan unloading valve orifice.

Pilot operating relief valve (open)
Selain itu, untuk kekuatan tekanan oli pada sistem akan lebih tinggi dalam menggerakan unloading valve melawan spring juga pompa yang kelebihan oli akan mengalir dengan melalui orifice pada unloading valve untuk menuju tangki.

untuk drain volume oli yang dibutuhkan berfungsi untuk mempertahankan relief pressure yang diinginkan orifice yang memungkinkan unloading valve. Sedangkan guna mengendalikan aliran adalah dengan membuat orifice yang merupakan cara yang pada umumnya dipakai.

Lubang yang ada tersebut akan menjadi hambatan yang besar dari aliran pompa pada saat sebuah orifice telah dipasang dan tekanan oli akan makin tinggi serta makin besar hambatan. Sedangkan peningkatan dari tekanan oli menyebabkan oli mencari jalur lain guna dilalui dan jalur juga dapat melalui sirkuit lain atau melalui relief valve.

Flow control valve
Berikut ini terdapat empat jenis dasar katup pengontrol aliran antara lain :
  • Non - compenated flow conrol
  • Flow divider
  • Pressure compensated flow control
  • Temperature compensated flow control
Non-compensated flow control

Sebagai pembatas untuk mengendalikan laju aliran kedalam sirkuit pada cabang sirkuit dan pressure input tertentu ke dalam valve dengan menggunakan non - compenstaed flow control valve. Pada saat tekanan sistem meningkat yang disertai dengan peningkatan dalam penurunan tekanan juga aliran melalui non- compensated flow control valve meningkat.

Sedangkan pada saluran luar atau pressure load atau beban meningkat dan aliran akan turun secara proporsional dengan sendirinya. Sedangkan sebagai pembatas aliran juga mampu untuk mengendalikan aliran ke cabang sirkuit dengan menggunakan needle type valve atau glob.

Aliran yang melewati orifice akan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dari orifice yang merupakan bukaan kecil pada jalur aliran oli.

Berikut ini tiga diantaranya yang paling lazim antara lain :
1. Temperature / suhu dari oli.
2. Ukuran orifice itu sendiri.
3. Perbedaan tekanan pada orifice.

0 komentar