Efek Caster Angle dan Efek Chamber Sudut Steering (kemudi)

Efek Caster Angle dan Efek Chamber Sudut Steering (kemudi) - Caster negatif yang berlebihan (excessive negative caster) menyebabkan ketidakstabilan pada kecepatan yang lebih tinggi dan penting untuk diingat bahwa caster tidak menyebabkan aus pada ban. 

Karena gaya garis lurus kendaraan cenderung membuat roda berusaha menyimpang dari posisi straight ahead (lurus ke depan) sehingga steering (kemudi) menjadi ringan pada Efek Caster Angle.


Menyebabkan steering (kemudi) menjadi berat, menyebabkan kejutan yang ditimbulkan permukaan jalan berpindah ke roda steering (kemudi) dan guncangan pada roda dari Caster positif yang berlebihan (excessive positive caster). 

Menyebabkan kendaraan menarik ke satu sisi dengan caster yang paling sedikit dari caster yang tidak sama. 

Chamber

Chamber angle (sudut chamber) 

Efek Caster Angle dan Efek Chamber Sudut Steering (kemudi)


Seperti yang tampak pada gambar mengarah ke garis tengah kendaraan bila dilihat dari depan dan kemiringan roda menjauhi ini yang disebut dengan chamber dan dan diukur dalam satuan derajat.

Membuat jejak roda (tyre footprint) kontak dengan permukaan tanah sedekat mungkin di bawah titik beban adalah fungsi chamber dan ditopang oleh wheel bearing dalam yang lebih besar dari sebagian besar massa kendaraan.

Efek Caster Angle dan Efek Chamber Sudut Steering (kemudi)

Menjadi lebih mudah dan usia pakai ban menjadi lebih lama dan fitur ini juga membuat pengemudian. Chamber akan berubah jika kondisi pengoperasian berubah pada sebagian besar suspensi.

Kemiringan kearah atau kemiringan ke dalam dikenal sebagai chamber negatif. Miring sedikit dari titik tengah, mengarah keluar di bagian atas dikenal sebagai chamber positif dan akan memiliki chamber nol (zero chamber) dari roda yang tegak. Gerakan suspensi karena permukaan jalan yang tidak rata dan caster ketika berbelok dan faktor yang mempengaruhi chamber termasuk beban.

Efek Chamber 
roda steering (kemudi) tertekan dan berputar dalam jalur melingkar menjauhi kendaraan yang disebabkan oleh Positive chamber. Anda akan mengetahui dari pengalaman, bahwa Anda dapat berbelok ke arah yang Anda inginkan dengan memiringkan kendaraan Anda ke arah tersebut, bila Anda mengendarai sebuah sepeda atau sepeda motor.

Sedangkan Toe-in digunakan untuk mengimbangi efek chamber pada steer axle. menyebabkan kendaraan “menarik” ke sisi yang memiliki chamber yang paling positif pada Chamber yang tidak rata. 

Demikian Efek Caster Angle dan Efek Chamber Sudut Steering (kemudi). Semoga bermanfaat.

0 komentar