Sudut caster (caster angle) dan Sudut Steering (kemudi)

Sudut caster (caster angle) dan Sudut Steering (kemudi) - Garis tengah ball joint ke arah depan atau belakang kendaraan bila dilihat dari samping dan caster angle adalah ukuran kemiringan puncak king pin serta diukur dalam derajat. Untuk mengetahui lebih banyak tentang sudut steering baca artikel : Sudut Steering (Steering Angle) Aspek running dari roda steering (kemudi).

 Sudut caster (caster angle) dan Sudut Steering (kemudi)

Seperti yang tampak pada gambar ke arah depan dikenal sebagai caster negatif dan memiringkan garis tengah kearah belakang dikenal sebagai caster positif dan caster nol adalah garis tengah dalam posisi vertikal. Dalam satuan derajat Caster biasanya diukur.

Untuk memberikan kestabilan arah dengan menjaga roda-roda dalam posisi straight ahead (lurus kedepan) fungsi caster. Oleh gerakan maju ban untuk membuat roda-roda menapak sejajar dengan garis tengah kendaraan Positive caster menggunakan gaya yang ditimbulkan.

Dengan menempatkan garis tengah poros roda steering (kemudi) di depan titik tengah jejak ban (tyre footprint) dan Bobot kendaraan “menarik (pull)” roda steering (kemudi) (steer wheel). Akan juga menimbulkan gaya terpusat yang mengembalikan roda-roda pada posisi straight ahead (lurus ke depan) jika roda steering (kemudi) dilepas saat roda-roda dibelokkan untuk mengemudikan kendaraan dari “Tarikan” pada roda steering (kemudi) (steer wheel) disepanjang jalan. 

Demikian  Sudut caster (caster angle) dan Sudut Steering (kemudi). Semoga bermanfaat.

0 komentar