Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial - Berikut ini aliran tenaga yang melalui steering system diferensial yang berasal melalui sumber - sumber berikut ini antara lain adalah :

  • Transmisi
  • Steering
  • Gabungan Transmisi dan steering
Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Seperti yang tampak pada gambar Piston-type hydraulic pump (1) pada D6R memberikan aliran oli (Oil Flow) ke valve steering lift, tilt, dan ripper melalui Sebuah variable displacement.

Compensator valve (2) mengendalikan swashplate angle di dalam pump dan engine flywheel menggerakkan pump. Sedangkan untuk memeriksa low pressure standby dan pressure system maksimum dengan menggunakan upper pressure tap (3). Untuk memeriksa tekanan sinyal dengan menggunakan lower pressure tap (4).

Untuk memberikan aliran oli (Oil Flow) ke pump dan steering motor case drain circuit untuk pelumasan dan pendinginan dan Oil cooler pump (5) mengarahkan oli melalui hydraulic oil cooler. 

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Dengan transmission filter case drain filter (1) berada di dalam compartment yang sama. Sedangkan memungkinkan dilakukan pengambilan sampel oli secara langsung dan tap (2) di dalam case drain filter housing. 

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Pada differential steer machine D6R adalah salah satu module di dalam radiator group Hydraulic oil cooler (tanda panah).

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Mengarahkan oli dari oil cooler pump ke tangki bila oli tidak akan mengalir pada cooler melalui D6R thermal bypass valve (1) untuk oil cooler. Sedangkan tekanan oil cooler circuit dapat diperiksa pada pressure tap (2).

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Terdapat di atas fender kanan dan di belakang case drain letak D6R steering dan implement control valve group. Sedangkan Konfigurasi mesin menentukan konfigurasi valve group. 

Control valve group terdiri dari inlet manifold (2)> steering control valve (3)> lift control valve (4)> tilt control valve (5)> ripper control valve (jika ada) dan end cover (6). Sedangkan Inlet manifold mengandung main relief valve (tidak tampak) juga charging valve (1).

Di atas pressure compensator setting relief valve dipasang dan untuk membatasi kenaikan tekanan mendadak Main relief valve digunakan. Dengan membatasi aliran oli (Oil Flow) balik dari cylinder Charging valve mencegah terjadinya peronggaan di dalam cylinder.

Berfungsi sebagai oli isian untuk jaringan sinyal (signal network) dan membuka make - up valve Tekanan oli di dalam cylinder return oil passage bila tekanan sinyal hilang karena kondisi beban berlebihan.

Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial

Steering control valve mengarahkan oli suplai ke counter balance valve (1) ketika operator menggerakkan tuas steering dan mencegah fixed displacement steering motor (2) dari “overspeeding” (kecepatan berlebihan) fungsi dari counterbalance valve. Steering inputgear ini digerakan melalui steering motor.

Demikian Macam Sumber Aliran Tenaga melalui steering system diferensial. Semoga bermanfaat.

0 komentar