Tips Menghindari Kelelahan Saat Berkendara

Tips Menghindari Kelelahan Saat Berkendara - Ketika tubuh anda sedang lelah serta kurang awas pada kondisi mobil anda dan mengalami kelelahan pada saat berkendara akan dapat meningkatkan resiko tabrakan di jalan.

Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah ketika kemampuan untuk bereaksi berkurang dan kelelahan. Kecelakaan fatal dan serius sekitar 20 hingga 25 persen berdasarkan hasil riset yang disebabkan pengemudinya lelah.

Sedangkan sekitar 50 persen kecelakaan yang terjadi akibat kelelahan dapat menyebabkan kematian. untuk menghindari kecelakaan ini disebabkan karena pengendara yang tertidur dalam kendaraan tak dapat mengurangi kecepatan atau mengubah arah kendaraan.

Tips Menghindari Kelelahan Saat Berkendara

Terdapat beberapa tanda pengemudi yang mengalami kelelahan ciri- cirinya adalah gelisah, sulitnya fokus mengemudi, menguap dan menggosok muka. Apabila ketika lelah semakin parah sulit untuk fokus mengemudi dan mobil bergerak ke kiri dan ke kanan tanpa disadari dan kecepatan tidak tetap.

Berikut ini cara terhindar dari kelelahan Mengemudi :
  • Istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan panjang.
  • Jam istirahat yang teratur dalam perjalanan.
  • Setiap dua jam sekali istirahat minimal 15 menit dalam perjalanan panjang dan lakukan peregangan atau minum kafein satu atau dua gelas.
  • Istirahatlah satu jam sehari bila perjalanan memakan waktu sepanjang hari.
  • Hindarilah untuk mengemudi pada saat anda biasanya tidur dan jangan memaksakan untuk perjalanan pada malam hari. 
Semoga bermanfaat.

0 komentar