Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder

Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder - Cylinder Block dan KomponenBlock merupakan salah satu komponen utama yang terdapat pada diesel engine yang berfungsi untuk tempat menghasilkan tenaga pada mesin engine diesel. Selain itu, untuk komponen juga harus memiliki performa juga kekuatan serta ketahanan tinggi pada engine diesel. Seperti halnya hasil gaya dan juga tekanan juga panas yang terdapat pada proses pembakaran yang dipindahkan pada engine block. Sedangkan untuk mendapatkan sebuah kekuatan tinggi diperlukan cor pada block dengan cara melakukan pengecoran block dengan melalui presisi dan menggunakan material campuran.

Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder

Komponen tersebut merupakan terbesar yang terdapat pada engine dengan cara dibuat yang berfungsi untuk memperkuat agar tahan terhadap  seperti tekanan, getaran serta panas karena diproduksi dari operasi engine, sehingga blok silinder mesin engine diesel didesain dengan satu baris atau bentuk V.

Pada konstruksi blok tersebut merupakan salah satu bentuk konstruksi yang berupa blok silinder yang menyatu atau integral ketika silinder dibuat menjadi satu pada ruang engkol ataupun gabungan dan dimana silinder juga dapat dilepas dari ruang engkol.

Cylinder bloclk terbuat dari besi tuang yang digunakan untuk dudukan suatu komponen engine juga water jacket yang berfungsi untuk tempat aliran air pendingin. Dengan demikian cylinder liner merupakan sebuah silinder yang didesain dapat dilepas, Untuk cylinder liner terbagi menjadi dua tipe antara lain : dy tipe dan wet type.

Tabung silinder basah dan tabung silinder kering

Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder

Tabung silinder Basah

Pada bagian blok dicor yang tanpa tabung silinder dan saat tabung silinder dipasang, selain itu pada bagian dari tabung silinder tersebut juga berhubungan langsung dengan mantel air. Sedangkan untuk Sil khusus juga dipasang yang terdapat pada bagian bawah dari atas tabung silinder yang berfungsi untuk mencegah kebocoran air pendingin atau oli pelumas.

Tabung silinder mampu untuk menghantarkan panas pembakaran yang secara cepat, yang tabung silinder basah pada umumnya telah difinising, sedangkan untuk kelemahan dari tabung basah tersebut merupakan kebocoran atau karat.

Tabung Silinder Kering

Merupakan tabung utama yang berfungsi pada blok engine serta ketahanan dibawah besi tuang blok engine tersebut. Selain itu, tabung kering juga dijamin pemasanganya pada blok melalui interferense atau dibuat dengan plens yang terdapat pada bagian tabung kering yang tertekan melalui bagian dari kepala silinder. tabung kering juga lebih sulit untuk memasang ataupun melepas, sehingga diperlukan untuk pekerjaan honing apabila tabung tersebut terpasang.

Berikutnya adalah pada sesi pembongkaran diperlukan pengetahuan tentang komponen yang terpasang pada blok silinder. Blok silinder terbuat dari besi tuang kelabu dari pada umumnya, karena lebih relatif murah, mudah dibentuk dan tidak mudah aus serta tahan terhadap pengaruh panas.

Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder
Pemerikasaan blok silinder

Untuk pemeriksaan blok silinder perlu dilakukan setelah blok silinder dibersihkan dengan benar, selain itu juga dengan benar, adapun hal yang perlu diketahui dalam membersihkan antara lain : rongga oli pelumas, saluran air pendingin serta lubang baut.

Selanjutnya adalah pemeriksaan umum atau secara visual yang dapat dilakukan pada silinder yang dari kemungkinan tergores, berkarat, retak, kerusakan permukaan, kerusakan lubang baut serta tutup pengaman yang terdapat blok silinder. Dengan demikian perlu dilakukan suatu pemeriksaan dengan melalui alat ukur yang berfungsi untuk menghasilkan hasil yang akurat. 

Cara memeriksa kerataan atau kebalingan permukaan yang terdapat pada blok silinder.

Komponen Cilinder block dan komponen (Tabung silinder kering dan basah), pemeriksaan blok silinder

Melalui alat feeler atau straight edges berfungsi untuk memeriksa kebalingan permukaan blok silinder yang terdapat pada ujung bagian atas lubang silinder. Sedangkan dyne penetrant berfungsi untuk memeriksa keretakan. Selain itu juga serbuk magnet atau sinar ultra violet. Pada bagian tutup pengaman dilepas yang berfungsi untuk memastikan terjadinya gangguan atau tidak, karena dengan terpasang sulit untuk menentukan.

Baca juga :

0 komentar