Tekanan atmosfer engine diesel dan komponen Diesel engine

Tekanan atmosfer engine diesel dan komponen Diesel engine- Udara yang banyak diperlukan untuk mendapatkan tenaga yang diharapkan, karena seperti atmosfer juga suhu udara juga kelembaban sangat penting dalam sebuah karakteristik performa engine. Untuk tekanan atmosfer juga dapat masuk kedalam ruang bakar sedangkan atmosfer merupakan tekanan udara pada sekeliling kita dengan melalui mendorong udara.

Tekanan atmosfer engine diesel dan komponen Diesel engine

Seperti halnya di pantai tekanan atmosfer lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tekanan yang terdapat di puncak gunung yang disebabkan karena tinggi tekanan udara di pantai yang lebih tinggi, sehingga udara lebih padat apabila dibandingkan dengan tekanan udara yang terdapat di puncak gunung. Dengan demikian dari udara yang lebih padat tersebut terdapat molekul udara dengan jumlah yang lebih banyak.

Pembakaran secara sempurna juga ditunjang oleh faktor tersebut dari engine diesel dengan tenaga yang lebih besar, dan hal tersebut merupakan sebagai alasan mengapa engine lebih bertenaga apabila dioperasikan pada daerah serta dengan ketinggian operasi rendah atau dataran rendah.

Sedangkan berapa banyak udara yang dapat mengalir ke cylinder juga ditentukan suhu udara luar yang juga memiliki peranan penting, karena semakin rendah suatu udara akan semakin padat yang terjadi didalam udara. Dengan demikian jika semakin tinggi density nya, maka akan besar pula tenaga yang dihasilkan oleh engine. pada malam hari engine akan lebih baik untuk beroperasi karena disebabkan tekanan udara yang lebih rendah.

Faktor lainya adalah kelembaban udara juga memiliki peranan penting dari pembakaran engine diesel, kelembaban udara merupakan presentase dari jumlah uap air pada udara, karena semakin tinggi suatu kelembaban udara akan menghasilkan uap air yang semakin sedikit oksigen yang berakibat pembakaran kurang efisien serta tenaga yang berkurang.

Efisiensi
Akan selalu lebih rendah tenaga yang dihasilkan oleh engine apabila dengan menggunakan tenaga teoritis dan terdapat beberapa cara untuk menjelaskan efisiensi engine.

Volumetric Efficiency
kemampuan  engine dalam mengisikan udara yang ke dalam cylinder pada saat langkah isap dibandingkan dengan cylinder karena tekanan atmosfer, sehingga udara diisi penuh dalam cylinder. Selain itu udara juga harus ditekan ke dalam cylinder dengan melalui tekanan atmosfer, sehingga pada cylinder tidak terisi penuh 100 persen.

Mechanical Efficiency
Dengan perbandingan BHP dengan HP.

Mechanical Efficiency = BrakeHorsePower
                                        Indicated HorsePower

Thermal Efficiency
Seberapa besar kemampuan engine untuk dapat merubah energi udara dengan fuel, sehingga menghasilkan energi panas dan menyebabkan piston memutar crankshaft yang merupakan sebuah tingkat kemampuan.

Fuel Efficiency
Pada pendefinisian yang terdapat beberapa cara yang pada umumnya dinyatakan dalam kilometer atau per liter (km/L) atau mil per galon (mpg). Hal tersebut merupakan suatu fungsi dalam menjelaskan efisiensi bahan bakar engine ayang terdapat pada aplikasi jalan raya truck.

Dalam kondisi beban penuh atau "rated speed" dinyatakan dalam liter atau per gallon per jam pada bahan bakar yang digunakan untuk aplikasi earthmoving. Selain itu, efisiensi bahan bakar juga dapat pula dinyatakan dalam"brake specific fuel consumption" atau (BSFC). Pada jumlah bahan bakar per satuan tenaga dan waktu sebagai definisi BSFC. Sedangkan BSFC juga dapat dinyatakan dalam :

             Liter                                                               Gallon/ 
 brakekiloWatt x waktu       atau                  brakehorsepower x waktu
       
                     atau 

       lt                                                                 g
    bkw x jam                        atau               bhp x jam
        
Pada Industri Caterpillar mampu untuk mengembangkan serta membuat diesel engine empat langkah yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan machine buatan Catrepillar guna untuk memenuhi kebutuhan peralatan produk pabrik lain.

Tekanan atmosfer engine diesel dan komponen Diesel engine

Untuk melakukan perbaikan serta perawatan secara efektif juga untuk melakukan diagnosa, sehingga sangat diperlukan suatu pemahaman lengkap serta menyeluruh dengan suatu prinsip kerja serta konstruksi engine diesel seperti tekah dijelaskan pada engine Caterpillar 3406 juga fungsi serta nama komponen engine pada Caterpillar yang pada dasarnya memiliki persamaan dari pabrik pembuat lain.

Sedangkan untuk engine tugas berat menggunakan engine 3406 dengan performa memiliki 6 cxylinder segaris atau in- line. Selain itu, engine tersebut juga memiliki diameter cylinder atau "bore" sebesar 162.56 mm (5.4 inch) serta panjang/ stroke 165. 1 mm / 6.5 inch serta volume cylinder / displacement 14. 633 cc / 89 cu. in.

Engine tersebut pada umumnya digunakan pada on- highway truck serta produk Caterpillar lain, seperti Genset dan Mareine

Baca juga :

0 komentar