Offset pen piston, metode press fit circlip seeger, tanged wire- Tangless wire circlip

Offset pen piston, metode press fit circlip seeger, tanged wire- Tangless wire circlip - Offset piston tidak akan selalu mengarah ke sisi pendorong utama piston, hal tersebut adalah sisi yang terdorong yang terdapat pada dinding silinder ketika power stroke. Offet piston ini berfungsi untuk mengurangi slap piston yang terjadi pada piston pada gerakan kebawah atau berganti arah.

Offset pen piston, metode press fit circlip seeger, tanged wire- Tangless wire circlip
Sedangkan untuk membandingkan pengukuran dari boss pen ke skirt dari kedua sisi piston besarnya offset sekitar 1.00 mm yang dapat diukur dengan melalui vernier, sehingga selisih yang diperoleh dari pengukuran merupakan besarnya offset.

Offset akan selalu menghadap dari sisi pendorong utama piston dalam melaksanakan perakitan kembali, sehingga perlu diingat. Lain halnya ketika piston dirakit kembali secara keliru dengan gerakan mengganjal piston pada langkah usaha sehingga akan menyebabkan menjadi berlebihan dan juga akan berakibat piston menampar dinding silinder.

Piston tersebut akan dapat membentuk bagian dari piston serta rakitan poros penghubung, sedangkan agar rakitan tersebut lengkap sangat diperlukan beberapa metode dalam memasang piston yang terdapat pada poros penghubung.

Pemindahan gerak yang bolak- balik disebabkan karena piston serta rakitan poros penghubung dan piston menjadi gerak rotari yang terdapat pada poros bubungan, sehingga poros penghubung harus dapat bergerak pada pen piston atau disebut dengan pen gudgen / pentorak agar fungsi tersebut sesuai yang diharapkan atau terlaksana.

Offset pen piston, metode press fit circlip seeger, tanged wire- Tangless wire circlip
Selain itu, seperti pen piston juga harus ditahan apabila telah bergerak ke samping dengan secara berlebihan pada boss piston, dan apabila tidak seperti yang disesuaikan maka akan terjadi pen menyentuh dinding silinder, sehingga menyebabkan  kegagalan kerja mesin. Metode press fit serta menggunakan circlip merupakan sebuah metode yang sering dipakai dalam menahan pen.

Offset pen piston, metode press fit circlip seeger, tanged wire- Tangless wire circlip
Pada metode press fit diperlukan mesin pemanas untuk memanasi poros atau disebut dengan mesin pemanas poros dengan pengaturan sekitar 260 derajat Celcius dan sangat dianjurkan untuk mengunakan tangki pemanas.

Selain itu juga perlu untuk diperhatikan  dalam memanasi yang diberikan kepada mata poros harus rata, sebab kalau sebaliknya akan berakibat distorsi mata dan terjadi penjepitan mata atau dapat disebut tidak rata. Hal ini juga dianjurkan agar tidak menggunakan las oksiasentilene.

Pada interferensi fit biasanya sebesar 0.003 mm dan apabila terdapat keraguan maka perlu untuk diperiksa, dan pastikan circlip terpasang dengan baik apabila menggunakan circlip untuk menahan pen, pada gambar tersebut merupakan tipe umum circlip dan detail rakitan.

Circlip Seeger dan tanged wire

Berikutnya adalah dua tipe umum circlip ' seeger dan "tanged wire. Untuk seeger clip tersebut merupakan benda yang berupa bulatan kecil dan merupakan buatan pabrik atau bulatan "radius" kecil. Sedangkan dalam pemasangan dengan cara pemasanganya menghadap ke arah pen piston pada bagian yang membulat, karena jika tidak akan berakibat klip dapat terlontar.

Perlu diperhatikan pada ujung klip ketika dipasang harus menghadap ke bawah, dalam pemasangan circlip tipe tanged wire diperlukan alat tang dengan pemasangan menghadap keluar, karena jika dipasang dengan hal seperti tersebut akan berakibat menggores pen dan rusak.

Tangless wire circlip

Tipe circlip lainya adalah tangless wire circlip yang bisanya dipasang untuk aplikasi dengan kemampuan tinggi, sedangkan untuk cara pemasangan memiliki persamaan dengan pemasangan circlip lainya. Untuk kelebihan klip dengan tipe ini adalah adanya aksi penjepitan alur yang terdapat pada sisi luar pin yang mendesak klip ke alur.

Dalam hal ini celah ujung yang terdapat di antara klip serta pen piston tidak diperbolehkan terlalu besar, karena pen dan klip bisa terlepas dan hal tersebut terjadi jika  pen bergerak naik turun dan sedangkan klip tidak terpasang dengan benar, Untuk ukuran pada celah ujung yang terdapat pada pen juga klip pada umumnya dengan ukuran sebesar 0.25 milimeter.

Baca juga :

0 komentar