Tips Mempersingkat perawatan : Air untuk Supplement Coolant Additive (SCA)

Tips Mempersingkat perawatan : Air untuk Supplement Coolant Additive (SCA)- Coolant and Additive "Supplement Coolant Additive" (SCA) untuk air yang sesuai dengan standar harus dicampur dengan supplement coolant additive atau disebut dengan coolant conditioner dengan kapasitas sebanyak 6 hingga 8 persen dari volume keseluruhan sistem pendingin dan apabila tidak menggunakan antifreeze. Lain halnya dengan sistem pendingin apabila menggunakan antifreeze dengan sebanyak 3- 6 persen dari volume keseluruhan sistem pendingin.

Untuk pemakaian SCA selama 3000 jam dan juga harus diperiksa konsentrasinya setiap 250 jam. Berikut ini fungsi dari SCA, antara lain :
- Menghindari korosi
- Menghambat terbentuknya mineral deposit
- Menghindari kavitasi, dan
- Mencegah timbulnya busa atau foaming

Berikut ini rumus untuk penambahan SCA yang ditambahkan pada sistem pendingin:
  • Rumus penambahan SCA untuk pertama kali pengisian (initial fill), jika   sistem pendingin   hanya terdiri dari campuran air dan SCA.
            V x 0,07 = X
Dimana :
V = Volume Sistem pendingin
X = jumlah SCA yang ditambahkan.

Dan jika volume sistem pendingin sebesar 100 liter maka jumlah coolant conditioner ditambahkan 100 x 0,07 = 7 liter.

Sedangkan untuk rumus penambahan SCA pertama kali pengisian jika sistem pendingin diisi dengan komersial antifreeze (bukan cartepillar) adalah sebagai berikut : 

              V x 0, 045 = X
Dimana :
V = Volume cooling sistem
X = Jumlah SCA yang ditambahkan
Jika Volume sistem pendingin adalah 100 liter, maka SCA yang ditambahkan: 100 x 0, 045 = 4.5 liter

Suplement coolant additive element adalah coolant conditioner yang memiliki bentuk filter dan dapat digunakan untuk seperti halnya SCA dengan berupa cairan. SCA element dibuat dengan tujuan lebih yaitu memudahkan serta mempersingkat proses perawatan.
Coolant conditioner element terdiri dari dua macam yaitu:

Initial precharge element

Element dapat dipasang saat pertama kali (initial). Apabila Sistem pendingin menggunakan Diesel Engine Antifreeze coolant (DEAC), element jenis ini tidak dipasang. 

250 Hours maintenance element

Element dapat dipasang pada setiap 250 jam baik itu pada sistem pendingin, ataupun yang menggunakan DEAC atau malah hanya air biasa.

Diesel Engine Antifreeze Coolant (DEAC) adalah campuran dari SCA juga antifreeze melalui kadar yang sesuai, dan ketika melakukan pengisian DEAC pada engine pelunya untuk ditambah menggunakan air distilasi atau (air suling). Sedangkan untuk konsentrasi antifreeze sistem pendingin adalah30- 60 persen guna untuk memperoleh kemampuan maksimal dan menurunkan titik beku serta untuk menaikkan titik didih air.

Pada waktu melakukan untuk pengisian DEAC pada pertama kali tidak dibutuhkan penambahan SCA juga pemasangan initial precharge SCA element, akan tetapi penambahan SCA atau pemasangan 250 hours SCA maintenance element dibutuhkan ketika melakukan perawatan yang berfungsi untuk menjaga kandungan coolant conditioner sebesar 3- 6 persen, sedangkan Interval maintenance sesuaikan dengan operation & maintenance manual (OMM).

Extended Life Coolant (ELC) adalah formula dengan dukungan teknologi yang dapat digunakan untuk campuran bahan organik untuk penghambat korosi, sedangkan seperti Cat ELC dengan dukungan carboxylate technology yang berfungsi untuk dapat mengoptimalkan perlindungan terhadap enam logam campuran dasar, seperti timah, tembaga, kuningan, baja, besi serta cor dan alumunium dan ditemukan pada sebagian besar media pemindahan panas.

Untuk Nitrite dan molybdate juga ditambahkan dan berfungsi untuk melindungi komponen dari besi pada sistem pendingin, serta mengurangi karat pada baja, sedangkan liner juga terbuat dari besi cor serta pitting pada block, berikut ini dua jenis Extend life coolant (ELC) :

Premix
Campuran premix terdiri dari campuran 50 persen ELC dan 50 persen purified water atau air murni, untuk pemakaian ELC dengan jenis Premix pada engine yaitu dengan tidak perlu penambahan air dan tidak dicampur dengan DEAC atau SCA. Untuk penggunaan ELC premix 50/50 dapat meningkatkan titik didih air atau "boiling protection" pada fungsi radiator cap 15 psi atau 1 bar : 129 derajat Celscius dan menurunkan titik beku hingga -37 derajat Celcius.

Concentrate
ELC dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi ELC hingga 60 persen dari ELC jenis Premix yang berfungsi menaikan titik didih serta menurunkan titik beku air. Sedangkan untuk penambahan ELC concentrate melalui komposisi 60 persen CAT ELC atau 40 persen air, yang akan dapat menaikan titik  didih air hingga 132 derajat celcius atau (27derajat F) serta penurunan titik beku air hingga -52 derajat celcius (-62 derajat F).
Tips Mempersingkat perawatan : Air untuk Supplement Coolant Additive (SCA)

Setiap 6000 jam ditambah dengan cairan extender dari 12000 jam usia pakai ELC dan silahkan lihat pada gambar berikut ini dengan jumlah penambahan Cat Extender dengan kapasitas sistem pendingin.

Baca juga :
Komponen sistem pendingin dan perawatan sistem pendingin
Sistem pendingin mesin (engine) diesel

0 komentar