Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol

Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol- Berikut ini saya posting yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya apabila sulit memahami artikel ini silahkan artikel sebelumnya Alat penekan pena torak dan memeriksa end play batang torak. Untuk berikutnya adalah Jenis-jenis bantalan luncur yang berdasarkan konstruksinya dapat dikelompokan  seperti berikut.

Bantalan Luncur Radial, yang berfungsi untuk mendukung gaya radial yang terdapat pada kerja antara batang torak dengan poros engkol. Sedangkan untuk konstruksi terbagi menjadi dua bagian dan dapat untuk dipasangkan pada poros engkol, selain itu apabila terjadi gangguan akan lebih mudah untuk memperbaiki.

Bantalan luncur radial
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol
Bantalan aksial dan radial, berfungsi untuk mengamankan poros engkol dari gaya aksial, hal tersebut terjadi hubungan atau pelepasan atau kopling / beban. Sedangkan untuk konstruski terbagi menjadi dua bagian yang menyatu ataupun terpisah dari bantalan luncur radial yang terpasang pada bagian tengah dari panjang poros engkol.

Radial dan aksial
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol
Selanjutnya adalah bahan yang dapat dikelompokan antara lain sebagai berikut :
Bantalan satu bahan, merupakan bantalan yang terbuat dari satu bahan saja atau bantalan luncur ini juga terbuat dari besi tuang kelabu /(C ~ 2%) atau perunggu dan berfungsi untuk pemakaian untuk beban kecil.

Bantalan luncur satu bahan
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol

Untuk berikutnya adalah bantalan luncur yang terbuat dari dua bahan antara lain:

  •  Baja pada pendukung luar yang terbuat dari baja atau panduan Cn Pb Su.
  •  Untuk permukaan luncur terbuat dari panduan Pb- Su.
  •  Selain itu, untuk pelindung luar yang terbuat dari paduan alumunium serta permukaan luncur yang terbuat dari paduan alumunium khusus. Sedangkan untuk sifat dari bhan tersebut memiliki sifat luncur yang baik serta daya dukung lebih besar.
Bantalan luncur dua bahan
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol

Bantalan luncur yang terbuat dari tiga bahan, antara lain :

  • Pada pelindung luar terbuat dari baja.
  • Pada pendukung terbuat dari paduan Cu Pb Sn.
  • Tebal lapisan ~ 0.3 - 1.5.
  • Pada permukaan luncur terbuat dari logam putih.
  • Contoh : paduan Pb Sn10 merupakan secara galvanis.
  • Tebal lapisan ~ 0.01- 0.03 mm.
  • Pendukung akan dapat berfungsi sebagai permukaan luncur apabila terjadi keausan yang besar pada permukaan luncur.
Bantalan luncur tiga bahan 
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol
Pengikatan bantalan luncur, penempatan :

Pengikat bantalan luncur
Jenis bantalan luncur, bahan, crankshaft dan konstruksi poros engkol
Crankshaft
Pada engine pembakaran dalam poros engkol merupakan komponen yang besar serta kuat dari komponen yang bergerak pada engine. Selain itu, pada poros engkol diperlukan kekuatan yang cukup dalam menahan tekanan tenaga pembakaran serta sanggup untuk menahn dalam berbagai kondisi juga beban. Berikut ini merupakan persyaratan yang harsu dimiliki poros engkol, antara lain :
  • Kepadatan
  • Ringan
  • Mampu menahan temperatur yang berubah-ubah
  • Kemampuan yang baik menahan keausan.
  • Ketepatan desain
  • Kemampuan menahan kebengkokan dan beban
Konstruksi poros engkol, Sedangkan pabrik pada umumnya menggunakan salah satu teknik, antara lain :
  • Casting
  • Forging
  • Billet machined
  • Composite
  • Casting merupakan yang paling banyak digunakan, sehingga proses tersebut juga merupakan yang paling banyak dipilih oleh berbagai pabrik pembuat kendaraan.
  • Forging merupakan suatu proses yang memerlukan suatu tingkat ketrampilan serta pengetahuan juga kemampuan yang tinggi dari adanya pemanasan yang terdapat pada lempengan baja hingga pada temperatur kerja ntuk menghasilkan bentuk yang seperti yang diinginkan.
  • Billet machined merupakan poros engkol dengan proses billet adalha poros engkol yang memiliki kemampuan tinggi yang pada umumnya digunakan pada pesawat engine terbang. Billet pengerjaanya dengan mesin pada batang baja padu.
Baca juga :
    Komponen engine batang torak dan bagian connecting rod
    Cincin torsional twist dan pengukuran diameter torak

    0 komentar